Asesmen Sosial Emosional Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Bakti 38 Ranah Baru
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat asesmen dilakukan saat proses belajar mengajar bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan anak dari setiap harinya terutamana untuk perkembangan sosial emosional pada anak karna sosial emosional anak merupakan cara anak untuk bersosialiasasi dan berinteraksi dengan lingkungan anak. Penelitihan ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik analisis data mengunakan wawacara kepada kepala sekola dan guru, observasi dengan mengawasi proses belajar dan kegiatan yang dilakukan saat disekolah dan dokumentasi. Hasil dari penelitihan ini terlihat bahwa kelompok B pada taman kanak-kanak ini terlihat bahwa perkembangan sosial emosional pada anak berkembangan sangat baik karna terlihat anak mampu untuk bersosialisasi baik dengan lingkungan anak.
Downloads
References
anggito, A & setiawan. 2018. Metode Penelitihan Kualitatif.
Aprianti, Ema. 2017. “Penerapan Pembelajaran Bcm ( Bermain , Cerita , Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 3(2): 195–211. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/651.
Badri Munawar, Ade Farid Hasyim, Minhatul Ma’arif. 2020. “Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker.” Jurnal Golden Age 04(2): 310–20. doi: https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2473.
Dabis, Yuwita. 2019. “Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jambura Early Childhood Education Journal 1(2): 55–65.
Fatmawati, Azzahrah, Adriani Rahma Pudyaningtyas, and Nurul Shofiatin Zuhro. 2021. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendekia 9(4): 218.
Hasanah, Fitria Fauziah, and Muhammad Abdul Latif. 2019. “Teknik Ceklis Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di RA Insan Mulia Bambanglipuro.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4(4): 35–42.
Miranda, Dian. R, Marmawi. Yuniarni, Desni. Amalia, Annisa. 2022. “Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun.” jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7(8.5.2017): 2003–5.
Rifa, Novela, and Dadan Suryana. 2022. “Peranan Guru Dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak Dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak Di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan) Novela.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2): 12533–43. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3754/3711.
Saripudin, Aip. 2019. “Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak 1(1): 114.
Setyawan, Chaska Fayza et al. 2021. “Asesmen Perkembangan Sosio Emosinal Pada Anak Usia Dini.” Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental dalam Penyelesaian Pandemi (April): 58–70.
sugiyono. 2019. Metode Penelitihan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan). apri nurya. bandung.
Suryana, Dadan. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran). Jakarta: Kencana.
Suryono, Dodon. 2018. “Dr . Dadan Suryono.” Stimulasi Aspek Perkembangan.
Syahrul, Syahrul, and Nurhafizah Nurhafizah. 2022. “Analisis Pola Asuh Demokratis Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6): 5506–18.
Wiyani, Novan Ardy. 2018. “Manajemen Program Kegiatan Paud Berbasis Otak Kanan.” Jurnal Pendidikan Anak 4(1): 98–118.
Copyright (c) 2023 Tri Kumala Dewi, Jasmani Jasmani, Baiti Latifa, Dadan Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.