Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Bermain Musik Angklung

  • Mimin Casminah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan emosi anak dengan menggunakan bermain musik angklung di kelompok B di PAUD Asshofa Jalan Jaka Sundang Lingkungan Karanganyar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK Asshofa berjumlah 20 orang ana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%)  atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu  (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan emosi

Keywords: Kecerdasan emosi, Bermain Musik Angklung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, SLB, TK, Bandung, CV, Yrama Widia.
Elimon, Dorothi, (2002) Psikologi Perkembangan, Jakarta Bumi aksara.

Hurlock, B Elizabet, (1980). Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga.

Juniarti, Yenti (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini (2015). 267-284. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/104.

Sujiono, Nurani Yuliani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta PT Indeks
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 289 times
pdf downloaded = 452 times