Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Bermain Musik Angklung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan emosi anak dengan menggunakan bermain musik angklung di kelompok B di PAUD Asshofa Jalan Jaka Sundang Lingkungan Karanganyar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK Asshofa berjumlah 20 orang ana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan emosi
Downloads
References
Elimon, Dorothi, (2002) Psikologi Perkembangan, Jakarta Bumi aksara.
Hurlock, B Elizabet, (1980). Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga.
Juniarti, Yenti (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini (2015). 267-284. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/104.
Sujiono, Nurani Yuliani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta PT Indeks
Copyright (c) 2018 Mimin Casminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.