Meningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan interpesrsonal anak dengan menggunakan media celemek pintar di kelompok B TK ‘Aisyiyah Jalan. A. Yani No. 72 Kec. Kuningan Kab. Kuningan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK ‘Aisyiyah berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan media celemek pintar dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dan juga meningkatkan kinerja guru
Downloads
References
Depdiknas. (2005). Undang-undang nomor 20 tahun 2005 tentang sistim pendidikan nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Dhieni, Nurbiana. (1997). Metode Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Suharsimi, Arikunto. (1995). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartati, Sofia. (2005) .Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mohammad Fakhrudin. (2003). Cara Mendongeng.Disajikan pada Pelatihan Teknik Mendongeng Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purworejo. Diakses dari www.umpwr.ac.id/download/artikel/Cara%20Mendongeng.pdf pada tanggal 8 Januari 2018 jam 00.00 WIB
Nursyania , Artya. (2011). Pengaruh Permainan Tradisional Anjang–Anjangan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini (Studi Quasi Eksperimen terhadap Anak kelompok B TK Al-Irsyad Satya Islamic School Tahun Ajaran 2010-2011). Bandung: FIP UPI.
Purnawanti dan Eldarni. (2001). Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali
Copyright (c) 2018 Erna Juherna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.