Peningkatan Keterampilan Proses Sains Flora Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Alam

  • Susdarwati Susdarwati
  • Degi Alrinda Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains flora dengan menerapkan pembelajaran berbasis alam pada anak usia dini Kelompok B di TK Dharma Wanita Jeblogan II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari tiga komponen, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 anak pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Jeblogan II. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan keterampilan proses sains flora dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan keterampilan proses sains flora anak. Keterampilan proses sains flora anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada (0%) anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan pada Siklus I, keterampilan proses sains flora anak meningkat sebanyak 13 anak (48,15%) dan pada Siklus II meningkat hingga 24 anak (88,89%) dengan kriteria baik dan sangat baik

Keywords: Keterampilan Proses Sains Flora, Pembelajaran Berbasis Alam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Soejiono (2003) Ilmu Pendidikan Alam. Bandung: CV Ilmu.
Ali Nugraha (2005) Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Anit Yus (2012) Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Carin dan Sund (1993) Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: PT. Bina. Karya.
Dwi Yulianti (2010) Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.
Hurlock (1999) Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Linda, Campbell (2006) Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple. Depok: Intuisi Pressgga.
Siti Aisyah, dkk (2008) Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slamet Suyanto (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
(2008) Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sujati (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FIP UNY.
Winataputra, U.S. (1993) Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 346 times
pdf downloaded = 472 times