Meningkatkan Percaya Diri Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Eni Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Agus Salim Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Percaya diri merupakan penilaian pada diri sendiri tentang berani tampil di depan umum, mau memimpin dalam suatu kegiatan dan mau mengungkapkan pendapat secara sderhana. Bermain peran adalah bermain menngunakan daya khayal, menggunakan bahasa atau berpura-pura bertingkah laku. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage yang berjumlah 17 anak bahwasanya sebagian besar yaitu 52.45%, anak terdapat masalah rendahnya percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan percaya diri anak serta bagaimana hasil penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan percaya diri anak. Jenis peneltian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 74% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 85,29%. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti tersebut menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan percaya diri anak.

 

Keywords: percaya diri, bermain peran, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B Di Raudhatul Athfal Ismaria Al- Qur’Anniyah Rajabasa Bandar Lampung. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas T(Universitas Islam Negeri Raden Intan:), Lampung.

Aryenis, A. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 47–60.

Asmiati, D.S., A. C., & Kusumaningtyas, N. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Kelompok B Di Tk 1 Pertiwi Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 116–127.

Citra Fijriani, & Selia Dwi Kurnia. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.

Erfantini, I. H. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini BIMBINGAN, 1(1), 43–52.

Heijnen, J. H., Jussi Hanhimaki, Steiner, A., Abiko, T., Obara, M., Ushioda, A., Hayakawa, T. (2013). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Aktif di TK Pembina Kecamatan Bantul. SSRN Electronic Journal, 1(2)

Maslihah, M., & Rachmi, T. (2018). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Kegiatan Menyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun Di RA Tarbiatul Umi Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 26.

Maspuroh, U., & Nurhasanah, E. (2020). Pelatihan Bermain Peran Dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Slb B Dan Slb C Tunas Harapan Karawang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273.

Munawaroh, H., Imroatun, I., & Ibrohim, B. (2020). Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri AUD Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Depan Kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133.

Supriyanti, R., Rahelly, Y., & Hasmalena. (2017). Percaya Diri Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Indralaya. Jurnal Tumbuh Kembang, 59–65.

Utami, R. W. T., & Hanafi, M. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini Insan Harapan Klaten. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(2), 84.

Published
2022-12-14
Abstract viewed = 1045 times
pdf downloaded = 466 times