Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun

  • Jati Rinakri Atmaja STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri pada anak Kelompok A di TK Al-Hidayah Sumbakeling. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan bekerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 18 anak, yang terdiri 11 laki-laki dan 7 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list , dokumentasi (LKA), dan panduan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri dengan bermain dakon geometri. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri dalam pelaksanaan Pratindakan pada indikator kemampuan mengetahui 40%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 97,8%, kemampuan memahami pada pelaksanaan Pratindakan 30%, Siklus II meningkat menjadi 93,3%, sedangkan kemampuan menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari Pratindakan 50,62%,
Siklus II meningkat menjadi 95,1%. 

Keywords: Geometri, Dakon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Yoni. (2013). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FamiliaPustaka Keluarga.

Agung Triharso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Fitri Ariyanti, Lita Edia & Khamsa Noory. (2007). Diary Tumbuh Kembang AnakUsia 0-6 Tahun. Bandung: Read Publishing House.

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Persindo.

Lestari K.W. (2011). Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan danKebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformaldan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Martini Jamaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TamanKanak-kanak. Jakarta: PT. Grasindo.

Masitoh & Siti Aisiyah. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Mayke S. Tedjasaputra. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Grasindo.

Mukhtar Latif, Zukhairina, Rita Zubaidah & Muhammad Afandi. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana MediaGroup.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Grafika.

Sumintarsih. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press PuriArsita.

Takdirotun Musfiroh. (2005). Bermain sambil Belajar dan MengasahKecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan TenagaKependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 1178 times
PDF downloaded = 686 times