Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini
Abstract
Kedisiplinan adalah kepatuhan seseorang terhadap aturan dan tata tertib baik berupa perintah maupun larangan yang berlaku. Kedisiplinan dapat membantu anak untuk belajar bertanggungjawab dan mengendalikan diri. Menanamkan kedisiplinan sejak dini akan berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat anak di masa yang akan datang. Untuk itu kedisiplinan perlu ditingkatkan secara optimal, salah satunya dengan penerapan reward dan punishment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan reward dan punishment serta terdapat pengaruh yang signifikan penerapan reward dan punishment terhadap kedisiplinan anak usia dini. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelas B1 TK Adiria Desa Bandorasawetan yang berjumlah 27 anak. penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yang mengukur hubungan kausal antara variabel x dan variabel y. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis data digunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diketahui rata-rata nilai kedisiplinan anak sebelum penerapan reward dan punishment 58,80. Setelah penerapan reward dan punishment rata-rata nilai kedisiplinan anak 81,94.
Dari uji regresi yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan reward dan punishment berpengaruh terhadap kedisiplinan anak usia dini sebesar 68,6%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment meningkatkan kedisiplinan anak usia dini.
Downloads
References
Aristiyani, Lia. (2011). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 Mts Hasan Kafwari Mayong Jepara. Skripsi: Fakutas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
J. Wantah, Maria. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Luluk Asmawati, dkk. (2011). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas terbuka
Mulyadi, Seto. (2004). Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Jakarta: Erlangga.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Pujimah. (2014). Penerapan metode Reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri Jeketro Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. 79
Purwanto, M. Ngalim. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sadulloh, Uyuh. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pedidikan. Bandung: Alfabeta
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Copyright (c) 2017 Eka Yulia Khoerunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.