Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Gambar dengan Kata “Permata”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran bahasa melalui penggunaan media gambar di TK Remayangsari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 orang anak, 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dan observasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran bahasa dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif dan persentase.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan bahasa anak usia dini di TK Remayangsari Kuningan.
Downloads
References
Depdiknas. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-kanak.
Dhieni Nurbiana. Dkk. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Enny Zubaidah. (2003). Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik. (1989). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock Elizabet B. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
Latuheru. (1988). Media pembelajaran. Jakarta: depdikbud.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2007). Medai Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Masitoh, dkk. (2003). Pendekatan Belajar aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muslihuddin dan Agustin, M. (2008). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia Taman Kanak-Kanak/Raudhlatul Athfal. Bandung: Rizqi Press.
Sadiman. (2006). Media Pendidikan, Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Rohadi. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Latuheru. (1988). Media pembelajaran. Jakarta: depdikbud.
Copyright (c) 2017 Tuti Rostini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.