Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun

  • Nurlaeni Nurlaeni STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yenti Juniarti STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam membimbing dan mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan membaca pada anak usia 4-6 tahun di Desa Cimanggugirang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berada di Desa Cimanggugirang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Adapun sasaran penelitian ini adalah orang tua. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Secara ringkas hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dituntut untuk selalu membimbing anaknya belajar
dirumah, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut sehingga kelak anak tidak terlalu banyak menemui kesulitan dan pemberi motivasi yang membangun semangat belajar saat anak kesulitan dalam belajar, sehingga kemampuan membaca anak berkembang sesuai harapan.

Keywords: Peran Orang Tua, Kemampuan Bahasa, Kemampuan Membaca

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika

Hasan, Maimunah. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: DIVA Press.

Moleong, J. Lexy. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 6735 times
PDF downloaded = 4859 times