Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun

  • Maivy Hastuty Sultan Ageng Tirtayasa University
  • Fahmi
  • Laily Rosidah

Abstract

Penggunaan aplikasi Youtube yang disajikan oleh kemajuan teknologi di era ini semakin berkembang, bukan hanya orang dewasa, namun anak usia dini sudah mampu untuk menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Youtube terhadap perkembangan sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei terhadap 100 orang pengasuh atau orang tua anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang-Banten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0, 373 yang berada pada interval 0,20 s/d 3,99 sehingga memiliki tingkat pengaruh yang rendah. Dihasilkan juga persamaan linear Y=31.746 + 0,495 yang berarti bahwa setiap 1% penambahan nilai penggunaan aplikasi Youtube, maka akan bertambah nilai perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun sebesar 0,495. Dengan angka probabilitas 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atau searah antara penggunaan aplikasi Youtube terhadap perkembangan sosial anak.

Keywords: Youtube, Perkembangan Sosial, Anak Usia 4-5 Tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, I. G., & Triana, I. (2021). Pengenalan Literasi Digital melalui Cerita Narasi Berbahasa Inggris pada Aplikasi Youtube sebagai Penanaman Karakter Anak. Kajian Pendidikan FKIP, 12(1), 128–139.

Ckurnia, N., Haerudin, D., & Solihati, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Pelita PAUD, 2(1), 63–76.

Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Sosial (1st ed.). Parama Publishing.

Gunawan, M. A. A., & Zubaidah, Z. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Universitas Diponegoro.

Hardiningrum, A. & F. (2017). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Anak. 1(2), 1–10.

Hurlock, E. B. (1978). Bab Lima Masa Awal Kanak-kanak.pdf. In Child Development (6th ed., pp. 108–144). Mc Graw Hill, Inc.

Janah, M. M., Fadhli, M., & Kristiana, D. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Youtube dengan Perkembangan Sosial emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 110–116.

Koordinator Statistik Kecamatan Rajeg. (2018). Kecamatan Rajeg Dalam Angka 2019 (Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (ed.)). BPS Kabupaten Tangerang.

Lidwina, A. (2021). 94 % Orang Indonesia Akses Youtube dalam Satu Bulan Terakhir. 17 Februari . 16.00 WIB. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir#:~:text=sebanyak%252094%2525%2520pengguna%2520internet%2520berusia,paling%2520%25tinggi%2520dibandingkan%2520platform%2520lainnya

Mawaddah, I. (2018). Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Gaming pada Akun Youtube Reza Oktovian Terhadap Perilaku Imitasi Bahasa Anak. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei (5th ed.). PT Fajar Interpratama Mandiri.

Muamanah, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Bandar Abung Kecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara Skripsi [UNIVERSITAS ISLAM NEGERIRADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/5525/1/Skripsi Full.pdf

Munasiatul, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun (Vol. 21, Issue 1). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Putri, D. A. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodayuh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Ratna, A., & Hutasuhut, S. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik ... - Slamet Riyanto, Aglis Andhita Hatmawan - Google Buku. In 1 Januari (1st ed.). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=W2vXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:seJVt4qXp64J:scholar.google.com/&ots=Zgqf4PIbCV&sig=afBrdQ7oB3trK65irYZ1NiwK3XY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true

Setiadi, E. M. (2020). Pengantar Ringkas Sosiologi:Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan sosial (Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya) (1st ed.). Kencana.

Setiyaningrum, E. (2017). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. In Proceedings of the 20th USENIX Security Symposium.

Solicha, I., & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Pelita PAUD, 4(2), 197–207.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). ALFABETA, CV.

Suminah, E., Nugraha, A., Yusuf, F., & Puspita, W. A. (2015). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (E. Yulaelawati & K. Restuningsih (eds.)). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Wijayanti, A. (2016). Teknik Dasar Pengolahan Data Kuantitatif dengan Program SPSS for Windows Versi 17. Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta.

Zaningsih, R. D. (2018). Pengembangan Aplikasi E-Modul Mobile Pembelajaran Matematika Berbasis Android Studio Pokok Bahasan Matriks. In Skripsi.

Published
2021-12-24
Abstract viewed = 4521 times
pdf downloaded = 1894 times