Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Terhadap Generasi Alpha di Abad 21

  • Nimatuzahroh Nimatuzahroh Universitas Negeri Semarang
  • Himatul Khoirunnisa Universitas Negeri Semarang
  • Niyarci Niyarci Universitas Negeri Semarang

Abstract

Semakin maju teknologi digital dapat menyebabkan memudarnya nilai-nilai karakter, sehingga perlunya fondasi pendidikan karakter pada generasi alpha khususnya anak usia dini, artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya penerapan pendidikan karakter anak usia dini terhadap generasi alpha  di abad 21. Metode yang digunakan yaitu studi pustaka atau literature. Hasil penelitian di abad 21 anak usia dini harus memiliki 4C yaitu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan untuk bekerjasama. Pendidikan karakter melalui berbagai pendekatan seperti keteladanan, kebiasaan, nasihat dan pengawasan. Model pembelajaran pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan proses pemberdayaan potensi pada anak proses humanisasi, dan proses pembudayaan, model-model pembelajaran pendidikan yaitu penanaman nilai, berbasis perkembangan penalaran moral, analisis nilai, project citizen. 

Keywords: Pendidikan karakter, generasi alpha, abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, R. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Sikap “Student Leadership” (Kepemimpinan Siswa) untuk Meningkatkan Sikap Mandiri dan Prestasi Belajar di Kelas I Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 125–133.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cognitive Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.

Garzia, M. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Urgensi Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini, 357–361.

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585.

Hidayat, Ahmad. (2021). Pendidikan Generasi Alpha: Tantangan Masa Depan Guru Indonesia. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Kemendikbud. (2019). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Ketut Sudarsana, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, Volume 1 n, 41–48.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.

Krippendoff, Klaus. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.

Kristanto, W. (2018). Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 175–189. https://doi.org/10.21009//jpud.121.15.

Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21-35. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16525

Lickona, Thomas. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulidah, E. (2019). Character Building dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019, 138–146.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 180–186.

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878.

Shofa, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. ThufuLA : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1).

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3(2), 18–41.

Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30.

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710.

Syamsunardi, S. P., & Syam, N. (2019). Pendidikan Karakter Keluarga Dan Sekolah. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088.

Yoga Purandina, I.P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 392), 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Published
2022-12-12
Abstract viewed = 835 times
pdf downloaded = 613 times