Keefektifan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Mengungkapkan Bahasa Anak

  • Umaiyah Habibah Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan litersi digital terhadap peningkatan kemampuan  berpikir logis dan mengungkapkan bahasa anak usia dini. Merupakan penelitian kuantitatif dengan  metode eksperimen yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Cabang Ngagel Surabaya dengan sampel 96 anak, adapun data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan Uji-t dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan Keefektifan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan mengungkapan bahasa pada anak usia dini yang diterapkan  dalam pembelajaran. Terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir logis pada anak usia dini yakni kelompok eksperimen lebih besar pengaruhnya dari pada kelompok kontrol. Uji-t membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang di ketahui dari nilai t-hitung adalah 2.222 lebih besar dari nilai t-tabel yaitu 1.98552. Efektifitas literasi digital dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia dini secara signifikan.

Keywords: Literasi Digital, Berpikir Logis, Mengungkapkan Bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid -19. Primearly, Vol. 3(No. 2). http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/323

Clark, E, et al. (2018). Effectiveness of an Early Mobilization Protocol in a Trauma and Burns Intesive Care Unit. Critical Illness.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Ellingson, K. (2016). Interactive Technology Use in Early Childhood Programs to Enhance Literacy Development & Early Literacy Development for Children with Cochlear Implants. Semantic Scholar.

Haugland. (1992). The Effect of Computer Software on Preschool Children’s Developmental Gains. Journal of Computing in Childhood Education.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan, Edisi kelima,. Erlangga.

Kurnia. (2017). Literasi Digital Keluarga. Center For Digital Society (CFDS).

Muhammad Aspar, Imam Mujtaba, Mutiarani Mutiarani, A. Z. (2020). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8062

Oladunjoye, O. K. (2013). iPad an Computer Devices in preschool: A Tool For Literacy Development Among Teachers and Chilren in Preschool. Department of Child and Youth Studie.

Rahmawati, Heni dan Tharmizi, A. (2018). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal. Politeknik Caltex Riau.

Santrock. (2007). Perkembangan Anak Jilid 2 edisi ke 11. Erlangga/Glora Aksara Pratama.

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/37330/

Sufa, Feri Faila, Setiawan, M. H. Y. (2015). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfa beta.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2021-12-24
Abstract viewed = 1024 times
pdf downloaded = 943 times