Motivasi Anak Belajar dari Rumah Melalui Kegiatan Puncak Tema

  • Nursamsi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ine Nirmala Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Feronica Eka Putri

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadari pada saat belajar dari rumah yaitu tidak adanya interaksi secara langsung antara guru dan anak sehingga motivasi anak menjadi rendah dan kurang maksimal.  Penelitian ini bertujuan  untuk mengamati motivasi belajar anak pada saat BDR melalui kegiatan puncak tema “tanaman”. Kegiatan ini dirancang untuk menambah pengalaman yang beragam serta mengurangi pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa pada saat kegiatan belajar dari rumah. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui dokumentasi dilakukan selama kegiatan BDR yang dikirim oleh orangtua kepada guru melalui aplikasi whattsap, wawancara dilakukan kepada orangtua dan guru kelas B TKQ An Namlu dan observasi kepada 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan puncak tema “tanaman” dapat menambah motivasi anak dalam pembelajaran sehingga hasil belajar anak mengalami perubahan yang maksimal.

Keywords: Motivasi Belajar Anak, Belajar dari Rumah, Puncak Tema

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Aisyah, D. S., Riana, N., & Putri, F. E. (2019). Peran Ayah (Fathering) Dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurhalim Tahun Pelajaran 2018). Jurnal Wahana Karay Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 3(1), 294–304.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Amirudin, A., Karochman, M. A., & Aliyah, A. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37. https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.347

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Hayati, A. S. (2020). Peran OKhairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.idrang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Tasyri’, 27, 23–32.

Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri. (2015). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS (Penelitian Tindakan di Kelompok B PAUD Bintang, Jakarta 2015) 125 THE. Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 125–144.

Jamil, I. M. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Ilmiah Pendidikan Anak, I(1), 5.

Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan Antara Anak Dan Orang Tua Dengan Kemampuan Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97–107.

Sesri Utami, P., & Jaya, I. (2021). Motivasi Belajar Anak Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Awal Sekolah Dasar Kecamatan Sutera. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 239–246. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1318

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021a). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. JJurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021b). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zulfitria. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALQURAN UNTUK ANAK USIA DINI Zulfitria. Yaa Bunayya, 1(2), 9.

Published
2021-12-24
Abstract viewed = 266 times
pdf downloaded = 175 times