Pengembangan Digital Story Telling untuk Menumbuhkan Kebiasaan Anak Minum Air

  • Iis Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan proses pengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minumair; Menghasilkan produkpengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minumair dan; Menghasilkan produk pengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minumair. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembagangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air meliputi tiga hal, yaitu Pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak usia minum air memenuhi kelayakan  dengan hasil  validasi dari tiga validator ahli yang meliputi  materi isi dengan skor 75,71 %, materi teknik storytelling skor 82,14 %,materi desain pengembangan digital storytelling skor 72,85 % dengan kategori sangat berkualitas; Pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak  minum air merupakan hasil pengembangan  media pembelajaran yang dapat membantu daring online guru disaat pandemi untuk tetap dapat mengedukasi yang menarik minat anak dan meningkatkan motivasi wawasan anak dan orang tua akan  pentingnya menumbuhkan kebiasaan minum air sejak dini dan; pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak  minum air cukup praktis dan efektif diimplementasikan karena dikemas dalam bentuk kanal youtobe,sehingga mudah di akses dengan mudah saat ini.

Keywords: Digital, Story Telling, Menumbuhkan Kebiasaan Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benton dan Burgess. (2009). The effects of drinking on attention. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Booth. (1994). Digital Story Telling in Kindegarten:An Alternative Tool in Children’s Way of Expresion. MCSER Publishing, Rome-Italy, Vol.4.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

D’Anci, B.-D. et al. (2005). The effects of drinking on attention. Procedia – Social and Behavioral Sciences.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420

Kleiner. (1999). The effects of drinking on attention. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Lestari, D. P., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2020). Implementing Religious Characters of Early Children in the Pandemic Time of Covid 19. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 348. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2062

Mulyasa. (2011). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 33 kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal.V, ol.XIV No.

Penmendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Standar Pendidikan Nasional.

Piaget dan Kohlberg. (1969). Comparing The Effects Of The Story Telling Method And TheConventional Method On The Interest, Motivation AndAchievement Of Chinese Primary School Pupils. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13th ed.). The McGraw-Hill Companies.

Subadrah.M.N, Najeemah. M. Y, S. C. . (2014). Comparing The Effects Of The Story Telling Method And TheConventional Method On The Interest, Motivation AndAchievement Of Chinese Primary School Pupils. Social and Behavioral Sciences.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfa beta.

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., & Iskandar, D. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1265

Wiranata, R. S. (2019). Rz. Ricky Satria Wiranata. 2(20), 101–146.

Published
2021-12-20
Abstract viewed = 644 times
pdf downloaded = 530 times