Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun di Dusun Cempaka Putih

  • Prista Sari Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gadget terhadap perilaku sosial anak usia 4 tahun di Dusun Cempaka Putih. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gadget terhadap perilaku sosial memberikan pengaruh positif dan juga negatif, baik perilaku yang sosial maupun tidak sosial. Perilaku yang muncul pada diri anak tanpa adanya dorongan dan paksaan untuk melakukannya. Bentuk perilaku sosial anak usia 4 tahun seperti perilaku meniru, persaingan, kerjasama, bersimpati, dukungan sosial serta perilaku akrab ketika bermain, bercanda bersama teman dan juga dengan lingkungan sekitar anak. Kemudian peneliti juga menemukan perilaku tidak sosial anak yang muncul ketika menginginkan gadget dengan membentak karena sudah terlalu lama menggunakan gadget.

Kata kunci: anak usia dini, perilaku sosial, gadget

Abstract: This study aims to describe the effect of gadgets on the social behavior of 4 year olds in Dusun Cempaka Putih. This type of research uses descriptive qualitative research with a case study approach. Researchers collected data by means of observation, interviews and documentation. The data analysis technique was done by using data triangulation technique. The results of this study indicate that the effect of gadgets on social behavior has positive and negative effects, both social and non-social behavior. Behavior that appears in children without encouragement and coercion to do so. Forms of social behavior of 4 year olds such as imitation behavior, competition, cooperation, sympathy, social support and familiar behavior when playing, joking with friends and also with the environment around the child. Then the researchers also found children's unsocial behavior that appeared when they wanted gadgets by yelling at them because they had been using gadgets for too long.

Keywords: early childhood, social behavior, gadgets

Keywords: Gadget, Anak Usia Dini, Perilaku Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Prista Sari, Universitas Negeri Padang

                                                                                                                            

References

Aqobah, Jumrotul Qory., dkk. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Elektronik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 5, 134–132.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Ilmi, Miftahul & Marlina, S. (2019). Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ekasakti Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4, 1–8.

Ismiatun, A. N. (2020). Studi Komparatif Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Desa dan Kota. Jurnal Tunas Siliwangi, 6, 8–12.

Mayenti, Fitra & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dinidi PAUD TK Taruna Islam Pekanbaru. Jurnal Photon, 9, 208–213.

Munawar & Amri, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi dan Perubahan Perilaku Anak Usia Dini Di Gampong Rumpet Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fsip Unsyiah, 3, 1–12.

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13, 102–114.

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2, 99–122.

Nasution, N. K. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan Solusi. Jurnal Penelitian Keislaman, 15, 130–143.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 1–11.

Perlina, P. & N. (2020). Pengembangan Perilaku Sosial Anak dalam Aspek Kerjasama Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3071–3082.

Pongtiku, Arry., dkk. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Saja. Nulisbuku.com.

Putri, Emri Oktaresa., dkk. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Perilaku Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Cakrawala Promkes, 2, 80–86.

Rachmana, Y.S & Budiani, M. . (2013). Perilaku Sosial Pada Anak Usia Dini yang Mendapat Pembelajaran Bilingual. Jurnal Character, 1, 1–13.

Rohayati, T. (2013). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 4.

Subarkah, M. A. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr, 15, 125–144.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Tadjudin, N. (2017). Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Persperktif Al-Quran. Herya Media.

Tri A, F. L. (2016). Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Lingkungan Lokalisasi Guyangan (Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3, 28–38.

Wardhono, Agus & Istiana, Y. (2018). Prosiding Seminar Nasional (Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa, Jilid 3). FKIP Unviversitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Yin, R. . (2004). Studi Kasus (Desain & Metode). Raja Grafindo Persada.

Zaini, M. & S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 254–264.

Published
2021-06-19
Abstract viewed = 2272 times
pdf downloaded = 1218 times