Ular Tangga Covid-19 sebagai Redesain Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini

  • Umi Hani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hibana Hibana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Bermain menjadi ciri karakteristik anak usia dini. Segala aktivitas dan kegiatan pembelajaran memerlukan alat bermain yang menyenangkan dan bernilai edukatif. Alat permainan edukatif yang digunakan diharapkan dapatĀ  menyampaikan pesan edukatif dan mendukung perkembangan anak, seperti pesan edukatif sosialisai covid-19 dengan ular tangga covid-19 pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan pengembangan yang ditemukan dalam alat permainan edukatif Ular tangga covid-19 sebagai media sosialisasi pengenalan covid-19 pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ular tangga covid-19 memenuhi standar karakteristik yang memiliki nilai pendidikan, sesuai dengan sasaran, multifungsi, memiliki tujuan, menodorong aktifitas, konstruktif, mempertimbangkan kesulitan, menyenangkan dan aman. Ular tangga covid-19 mampu mengembangkan aspek Nilai moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni dan mengembangkan kecerdasan majemuk anak dalam bidang linguistik, matematis,visual spasial, interpersonal dan intrapersonal

Keywords: Ular tangga covid, alat permainan edukatif, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang Ismail. (2007). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Badru Zaman. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Badru Zaman. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Tamana Kanak Kanak.(Makalah)

Coony R. Semiawan, (2009), Penerapan Pembelajaran Pada Anak, Jakarta, Indeks.

Diana Mutiah. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hadari Nawawi. (2007). Penelitian Terapan. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

Heru Kurniawan, Marwany, Titi Anisatul Laely. (2020). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2014), Buku Panduan Pendidik PAUD Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 4-5 Tahun, Jakarta: Kemdikbud .

Kurniawan, Heru. (2019). Sekolah Kreatif, Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan, Yogyakarta: Arruz Media.

Moleong, & Lexy, J. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nelva Rolina, (2012), Alat Permainan Edukatif untuk AUD. Yogyakarta: Ombak,

Nyimas Muazzomi, (2017), Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoin, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.110

Sigit Purnama, Yuli Salis Hijriani, Heldanita, (2019) Alat Permainan edukatif Anak Usia Dini. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sri Joko Yunanto, (2004), Sumber Belajar Anak Cerdas,Jakarta, Grasindo.

Tedja Saputra, Mayke S. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Anak Usia Dini, Jakarta Gramedia

Published
2022-06-25
Abstract viewed = 1176 times
pdf downloaded = 766 times