Relokasi Pembelajaran Seni dalam Bentuk Daring Online untuk Meningkatkan Kreativitas Selama Pandemi Covid-19

  • Rubiyantika Astutiningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran Daring Online sangat membantu dunia pendidikan Indonesia di masa datangnya pandemi Covid-19 yang tidak pernah terduga di tahun 2020, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran daring, contohnya Whatsapp, Zoom, Quizzi, dan Google Classroom, dan seterusnya. Adapun kendala yang ditemukan dilapangan adalah terkendala dalam hal infrastruktur, seperti adanya komputer dan gadget yang kurang memadahi. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana relokasi pembelajaran seni yang awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi bentuk daring selama Covid-19. Masalah difokuskan pada bagaimana proses relokasi pembelajaran seni. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan teknik perekaman. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relokasi Pembelajaran Seni dalam bentuk daring adalah upaya yang dianggap Pemerintah dan para tenaga pendidik seperti guru dan dosen di Indonesia paling efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa selama pandemi Covid-19. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah teknologi digital memiliki peran penting dalam peningkatan kreativitas selama Covid-19, sejalan dengan perkembangan dunia yang semakin pesat, khususnya seperti pembelajaran membuat karya desain seni, jika perencanaan pembelajaran seni dengan media digital matang, maka semakin mendukung efektivitas dan kualitas pembelajaran.

 

Keywords: Relokasi Pembelajaran Seni, Daring, Pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Purwanto. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal, 2 no 1.

Ali Sadikin. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 no 2.

Almi. (n.d.). Tiga Langkah Strategis Untuk Dukung Budaya Pembelajaran Daring Pasca Covid 19.

Ash, K. (2011). 30 Art And Music Learning Emphasize Interactivity, Real World Relevance. Education Week, 11 (14).

Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home During the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

CNN Indonesia. (2020). Pembelajaran Online selama Covid 19.

Delismar, Ashyar, R., & Hariyadi2, dan B. (2013). Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Model Group Investigation. Edu Sains, 1 no 2.

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. 04(1), 1–11.

Munandar, U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta Gramedia.

Nur Lintang Dhien Hayati. (2016). KESENIAN SILAKUPANG GRUP SRIMPI: PROSES KREATIVITAS KARYA DAN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PEMALANG. CATHARSIS, 5 no 1.

Papalia, D.E, Olds, S.W., & Feldman, R. D. (2005). Human Development (9th ed). New York : McGraw Hiil.

Park, S., & Yun, H. (2018). The Influence Of Motivational Regulation Strategis On Online Students’ Behavioral, Emotional, and Cognitive Engagement. AECT Summer Research Symposium, 32(1), 43–56.

R. M. Soedarsono. (2001). Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

Ristek Dikti. (2019). Pengembangan Pembelajaran Daring.

Rodame Monitorir Napitupulu. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7 no 1.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang : Cipta Prima Nusantara.

Rusman. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Tatang Suratno. (2017). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wikipedia. (2020). Pandemi korona virus di Indonesia.

Published
2020-12-22
Abstract viewed = 3056 times
pdf downloaded = 2172 times