Gerakan Edukasi Perkembangan Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui Metode Parenting

  • Baiq Rabiatul Adawiyah Universitas Hamzanwadi
  • Bq.Ainul Azmi Universitas Hamzanwadi
  • Mega Puspandini Universitas Hamzanwadi
  • Dinia Yupita Sari Universitas Hamzanwadi
  • Utari Rahayu Universitas Hamzanwadi
  • Abdullah Muzakkar Universitas Hamzanwadi

Abstract

Gerakan Edukasi Parenting yang disingkat Gemar Parenting merupakan Gerakan  pengasuhan yang telah menginisiasi program Perkembangan Anak TKI melalui metode Parenting di dusun Gerami, Kecamatan Sikur – Lombok Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas program gemar parenting dalam mengedukasi mengedukasi anak-anak dari Tenaga Kerja Indonesia terutama dalam konteks pendidikand. Program dilaksanakan selama tiga bulan dengan bentuk kegiatan berupa edukasi parenting, permainan teradisional edukatif, pusat seni dan pameran keluarga Bahagia dengan sampel anak-anak usia PAUD di Dusun Gerami Desa Gelora. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis kualitatif miles & Hubberman. Hasil dari penelitian ini adalah melalui Program gerakan edukasi parenting telah mengintegrasikan program dengan mensosialisasikan bahwa metode parenting sebagai penguat keluarga dikala kehadiran orang tua tidak lengkap pada saat melakukan pengasuhan.  Dengan menggunakan metode ini beberapa produk yang dihasilkan diantaranya adalah Games Therapy Sentra Seni Anak Pameran Family Fun Day Edukasi parenting

Keywords: Parenting, Perkembangan anak, TKI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga (Program. Abdimas, Ikip Siliwangi, 1, 1–8.

Aprilianti, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka 1 Sampai 20 Melalui Permainan Bendera Pintar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 02(4), 22–33.

Astuti, S. (2018). Gerakan Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Dharmakarya, 7(3), 185–188. Https://Doi.Org/10.24198/Dharmakarya.V7i3.20034

Data Statistik Penduduk Indonesia. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa. Dkatadata.Co.Id, 1.

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74.

Erlanti, Ms., Mulyana, Nandang., Dan Wibowo, Hery. 2016.Teknik Parenting Dan Pengas Uhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Ks: Riset Dan Pkm. Vol. 3. No. 2. H, 237-247.

Fransiska & Suparno. Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa Di Rumah Betang Ensaid Panjang. (2019). 3(02), 95–106

Hewi, L., Dini, A. U., & Laut, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. 03(2), 73–83.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Kinanthi, Mr., Febriani, Zulfa., Caninsti, Riselligia., Arruum, Ratih., Listiyandini., Dan Fitriana, Ts. 2017. Pelatihan Ketrampilan Parenting Yang Efektif Bagi Orang Tua Di Wilayah Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Prosiding Kesehatan. Pissn 2477-2364: Eissn 2477- 2356. H. 121-126lailiyah, Faridatul. 2017. Problematika Pengasuhan Anak Pada Keluarga Tki. Jurnal S1 Sosiologi Fisip Universitas Airlangga. Hal. 8.

Melesse, S., Education, T., Studies, C., Sciences, B., Gulie, K., Lecturer, S., Education, T., & Sciences, B. (2019). The Implementation Of Teachers ’ Continuous Professional Development And Its Impact On Educational Quality : Primary Schools In Fagita Lekoma Woreda , Awi Zone , Amhara Region , Ethiopia In Focus. 9(1), 81–94. Https://Doi.Org/10.17810/2015.93

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita Paud, 2(1), 51-62.

Solomon, D.T., Niec, L.N., & Schoonover, C.E. 2017. The Impact Of Foster Parent Training On Parenting Skills And Child Disruptive Behavior: A Meta-Analysis. Sage Journals Online.V.22.Issue1,P.313.

Sahrip, S. (2017). Pengaruh Interaksi Dalam Keluarga Dan Percaya Diri Anak Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Golden Age, 1(01), 33-47.

Suhati, S., & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita Paud, 3(1), 58-65.

Published
2020-12-20
Abstract viewed = 258 times
pdf downloaded = 160 times