Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama pada Anak

  • Yusni Pakaya
  • Helman Manay Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Sakti Rahmawati Une SMA Negeri 1 TIbawa
  • Paramita Hilumalo Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat apakah penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Data yang diambil melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu koleksi, reduksi, dan verifikasi data dengan metode triangulasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, anak mampu meningkatkan motivasinya untuk belajar sejarah, guru mampu menerapkan model pembelajaran soosiodrama untuk meningkatkan motivasi anak dalam mengenal sejarah.

Keywords: Model Pembelajaran Sosiodrama, anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apdelmi dan Tri Ayu Fadila, 2017, Implementasi Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Anak Pada Pembelajaran Sejarah, Jurnal Historia Volume 5 Nomor 2. Hal 143-154
Meyti Minhati, 2016, Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Vi Mi Baitul Muttaqin Kota Bekasi, Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Tarbiya, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Miles Matthew B dan Huberman Michael, A. 1992. Aanlisis Data kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia Press
Moleong Lexi, J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Premita Sari Octa Elviana & Mukhamad Murdiono. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Tanggungjawab Dalam Pembelajaran PKn, dalam Jurnal Civis, No. 1 Volume 14 2017
Yin R.K. 2005. Studi Kasus. Desain & Metodologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Khoiroh, M., & Kristanto, A. (2014). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok a Tk Tunas Harapan. PAUD Teratai, 3(3), 1–7.
Nita Nurcahyani WS, Elizabeth Prima, P. I. L. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B di TK ASTITI DHARMA. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok, 1(1), 48.
Sukmawati, Daviq Chairilsyah, H. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–11.
Sumandari, I Nyoman Wirya, P. R. U. (2016). KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITUL MUTA ’ ALLIM DESA TEGALLINGGAH Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 1–10.
Suminarti. (2012). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Sosiodrama. Pesona PAUD, 1(1), 1-4 55-65.
Suryani, S., & Solichah, N. (2016). Pengaruh Kegiatan Sosiodrama Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(02), 77–98.
Published
2020-12-22
Abstract viewed = 720 times
pdf downloaded = 487 times