Kegiatan Melting Rainbow dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Warna
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dari pengamalan peneliti, bahwa rendahnya kemampuan kognitif dalam memahami konsep warna pada peserta didikĀ kelompok A TK DW Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 kebanyakkan anak belum mampu memahami berbagai macam warna dan anak masih kesulitan dalam memilah warna. Guru selama ini menggunakan cara klasikalĀ yaitu metode ceramah dan guru tidak pernah melakukan pengenalan warna melalui kegiatan bermain maupun eksplorasi. Hal tersebut mengakibatkan suasana kelas menjadi monoton, gaduh dan membosankan. Oleh sebab itu diperlu dilakukan pembelajaran yang menarik melalui kegiatan melting rainbow. Rencananya metode yang digunakan adalah PTK, subyeknya peserta didik kelompok A TK DW Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 13 peserta didik. Penelitian ini masih sampai pada tahap perencanaan yaitu menyusun RPPM, RPPH, dan media kegiatan melting rainbow. Kegiatan melting rainbow ini nantinya bisa mengembangkan kemampuan mengenal konsep warna, sehingga anak lebih mengertiĀ tentang warna.
Downloads
References
Darcy & brian. 2017. Melting Rainbow Preschool Science Experiment. https://www.darcyandbrian.com/melting-rainbow- preschool-science-experiment/. Di akses 20 Juli 2020.
Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeks.
Sumarsih, dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad: Journal On Early Childhood, 2018, 1 (1), 72-77.
Rachma, Titi & Suhayah. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6, No.1.
Sunarmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Bola-Bola Ajaib Pada Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita 3 Jatiprahu Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 5, No. 2.
Moleong , L. J. 2008. Metodelogi Penelitian Klualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya.
Purwasih, Wahyu. 2018. Teknik Penilaian Unjuk Kerja Dan Catatan Anekdot Sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak di Paud Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna Vol 2, No. 2.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. IKAPI.
Aritonang, Liesbert. 2015. Bahan Ajar Pengenalan Warna. Institut Sains Teknologi Pardede.
Aisyah. 2017. Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Prodi PG-PAUD FIP UPTT. Volume 1 Issu 2 (2017) Pages 118-123.
Sujiono, dkk. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka.
Fatmawati, Dewi & Ningrum, Mallevi Agustin. 2019. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Pada Anak Kelompok B TK Hidayatul Lidah Kulon 1/58 surabaya. Jurnal PAUD teratai volume 8 Nomor 3 tahun 2019.
Copyright (c) 2020 yantik yantik aprilliasari, Dema Yulianto, Intan Prastihastari Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.