Revitalisasi Budaya Melalui Permainan Musik Angklung untuk Menunjang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Abstract
Revitalisasi budaya merupakan upaya penggalakan kembali budaya tradisi yang hampir punah. Sebagai generasi milenial, pelaku budaya harus terus melestarikan budaya lokal. Budaya lokal harus diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak. Anak-anak usia dini merupakan generasi awal yang baik untuk mengenal dan melestarikan budaya tradisi Indonesia. Penerapan pelestarian budaya lokal oleh anak usia dini ini dapt dilakukan dengan cara memainkan alat musik tradisional angklung. Angklung merupakan alat musik yang notasinya telah dikembangkan ke dalam bentuk diatonis, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengkolaborasikan dengan lagu-lagu modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjang nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini dalam merevitalisasi budaya tradisi khususnya angklung. Metode penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan melakukan observasi pelatihan musik angklung yang dilakukan anak TK serta penerapan nilai-nilai karakteristiknya.
Downloads
References
Budhi, Setia. (2018). Revitalisasi Kebudayaan Dan Tantangan Global. Festival Pesona Budaya Borneo 2 (February).
Fadillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.
Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2016). Pendidikan Seni Isu & Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sularso. (2016). “Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):64–75.
Sutiyono. (2012). Paradigma Pendidikan Seni Di Indoneisa. Yogyakarta: UNY Press.
Tasmuji, Dkk. (2011). Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.
Copyright (c) 2020 Gloria Yohana Putri, Setyo Yanuartuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.