Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru

  • Ade Lisna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Supervisi merupakan salah satu tugas kepala sekolah untuk melakukan inspeksi, pemeriksaan, pengawasan, serta evaluasi terhadap kinerja tenaga pendidik agar melakukan perbaikan sehingga tercapai mutu pembelajaran yang berkualitas. . Berdasarkan hal ini, maka kepala sekolah sangat tepat untuk menjadi supervisor karena mengerti terhadap kondisi sekolah. Melalui penelitian ini kita akan mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan profesionalisme guru di TK IT Salsabila 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diambil melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu koleksi, reduksi, dan verifikasi data dengan metode triangulasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu: (1) mengunjungi kelas yang sedang berlangsung pembelajaran, (2) mengobservasi keadaan pembelajaran dikelas, (3) mewawancara para guru.

Keywords: Kepala Sekolah, Supervisor, Profesionalisme Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Septin. “Peran Supervisi Bk Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Bk,” n.d., 10.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Pertama. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

dkk, Rahman. Peran Strategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint, 2006.

E, Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya, 2004. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Fahmi, Agus. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dengan Etos Kerja Guru,” n.d., 7.

J., Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Kamal, Musatafa, and Andi M Rifiyan. “Peranan Supervisor Dalam Memotivasi Di Banquet Section Hotel Pangeran Pekanbaru” 3, no. 2 (2016): 12.

Mu’Min, Abdul. “Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sdi Al-Ihsan Bambu Apus Pamulang,” n.d., 75.

Munastiwi, Erni. “Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (January 25, 2019): 369–80.

https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09.

Pidarta. Kepemimpinan Yang Efektif. Semarang: Dahara Prize, 1999.

Stephen, Robbins. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Elfabeta, 2007.

Supriadi. Sejarah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Di Indonesia, 2002.

T., Rusyan, A. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru. Cianjur: CV Dinamika Karya, 2000.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja G rafindo Persada, 2010.

Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.

W.J.S, Poerwadaminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2003.

Yuliana, Lia. “Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Kematangan Profesional Guru.” Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, Oktober 2007, 9.

Published
2020-12-03
Abstract viewed = 3498 times
pdf downloaded = 1670 times