Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Pecahan

  • Asri Fauzi Universitas Mataram
  • Radiusman Radiusman Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram
  • Ni Komang Restini SD Negeri 34 Cakranegara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SD kelas V dan menelaah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 26 siswa. Instrument dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu instrument utama dan instrument pendukung. Instrument utama adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung adalah tes soal kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian sebanyak 4 soal dimana setiap soal mengandung satu indikator. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berada pada klasifikasi sangat baik sebesar 4%, klasifikasi baik sebesar 42%, klasifikasi cukup sebesar 35% , dan klasifikasi kurang dan sangat kurang secara berturut-turut sebesar 12% dan 8%. Kemampuan komunikasi matematis siswa secara kumulatif setelah dirata-ratakan berada pada klasifikasi cukup. Dari hasil analisis, siswa sudah mampu merepresentasikan permasalahan matematika ke dalam bentuk gambar untuk mempermudah penyelesaian masalah, serta sudah menuliskan proses penyelesaian masalah dengan benar dan sistematis.

Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Siswa SD, Materi Pecahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anintya, Y. A., Pujiastuti, E., & Mashuri. (2017). Analysis of Mathematical Communication Skills Viewed from Student Learning Styles in Eighth Grader Students in Learning Resource Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 37–43.

Cockburn, A. (2007). Mathematical Understanding 5-11: A Pratical Guide to Creative Communication inPrimary Maths. Paul Chapman Publishing.

Crain, W. (2014). Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research Third Edition. London: Sage Publication.

Isa, M., & Burhanuddin. (2016). Developing Students’mathematical Communication Ability Through Performance Assessment On Derrivative Topic. Proceeding Forum in Research, Science, and Technology (FIRST), 7–14.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM Inc.

Noornia, A., & Ambarwati, L. (2019). Improving Written Communication Skills and Mathematical Disposition of Tenth Grade IPS 4 Students by Using Think-Talk- Write (TTW) Learning Strategy at SMAN 50 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 133–140.

Radiusman, R., Fauzi, A., Erfan, M., Restini, N. K., & Simajuntak, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe hands on activity terhadap kemampuan komunikasi tertulis siswa. Jurnal Mathematics Paedagogic, 4(2), 109–115. Retrieved from http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/viewFile/1108/972

Santos, L., & Semana, S. (2015). Developing Mathematics Written Communication Through Expository Writing Supported by Assessment Strategies. Educational Studies in Mathematics, 88(1), 65–87.

Sapitri, & Hartono. (2015). Keefektifan Cooperative Learning STAD Dan GI Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273.

Triana, M., Zubainur, C. M., & Bahrun, B. (2019). Students’ Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 1–10.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2020-06-05
How to Cite
Fauzi, A., Radiusman, R., Rahmatih, A. N., & Restini, N. K. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Pecahan. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 37 - 49. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.906
Abstract viewed = 857 times
PDF downloaded = 608 times