Penggunaan multimedia pembelajaran untuk membantu siswa tuna rungu dalam memahami operasi bilangan bulat

  • Erik Santoso Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Majalengka

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran matematika khususnya di anak dengan keterbatasan pendengaran (tuna rungu) adalah media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi matematika dengan baik. Multimedia pembelajaran dapat digunakan agar materi dapat disampaikan dan dirancang dengan baik. Melalui multimedia juga bisa membantu siswa dalam mengulang materi yang dianggap masih belum dikuasai. Oleh karena itu, melalui penggunaan multimedia motivasi siswa khusunya siswa tunarunngu dapat meningkat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa tuna rungu yang berada di SLBN Majalengka yang berjumlah dua orang. Instrumen penelitian menggunakan tes pada materi operasi bilangan bulat, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil tes untuk memberikan gambaran apakah terjadi peningkatan pada setiap tes yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tuna rungu memiliki pandangan positif dan termotivasi terhadap penggunaan multimedia yang digunakan dan jika dilihat dalam dua kali tes siswa tuna rungu mengalami peningkatan hasilnya pada materi operasi bilangan bulat.

Keywords: multimedia pembelajaran, siswa tuna rungu, operasi bilangan bulat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cook, W. (2011). In Pursuit of the Traveling Salesman: Mathematics at the Limits of. Princeton NJ: Princeton University Press.

(NCTM), N. C. (1996). Executive Summary-Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Brown, P. e. (2011). THE INTEGERS - A guide for teachers - Years 7–8 . Australian: The Improving Mathematics Education in Schools (TIMES) .

Chee, T.S, & Wong, A.F.L. (2003). Teaching and Learning with Technology. Singapore: Prentice Hall.

Courant, R., & Robbins, H. (1996). What Is Mathematics? An Elementary Approach to Ideas and Methods. Stewart: Oxford University Press.

Csicsery, G. (2008). Hard Problems. the Road to the World’s Toughest Math Contest,. Washington DC: Mathematical Association of America.

Devlin, K. J. (2012). Introduction to Mathematical Thinking. Palo Alto CA: published by Keith Devlin.

Edmonds, J., & A glimpse of heaven, i. J. (1991). “History of Mathematical Programming A Collection of Personal. Amsterdam: CWI and North-Holland.

Elsom-Cook. (1992). The ECAL teaching engine: pragmatic AI for education. Dlm. Cerri, S.A. & Whitting, J. 1992. Learning Technology in European Communities. Dordrecht The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Fajrianto, R., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VIII SMPLB Tunarungu Dengan Materi “ Memahami Sistem Dalam Tubuh Manusia”. JURNAL TEKNIK POMITS, 1-4.

Gayeski, D.M (Ed). (1993). ultimedia for Learning: Development, Application, Evaluation. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Amplikasinya Cet 1. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Malatista, B.R., & Sediyono, E. (2011). odel Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SDLB Penyandang Tunarungu dan Wicara dengan Metode Komtal Berbantuan Komputer. Jurnal Informatika, 7(1), 7-26.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munir. (2013). MULTIMEDIA Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Reddi, U.V. (2003). Multimedia as an educational tool. In Educational multimedia: A handbook for teacher-developers. New Delhi: CEMCA.

Salim, A. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Dengan Metode Multikomunikasi Untuk Siswa Kelas IV SDLB Penyandang Tuna Rungu Dan Wicara. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XII, 77-95

Published
2019-12-10
How to Cite
Santoso, E., & Rodiyana, R. (2019). Penggunaan multimedia pembelajaran untuk membantu siswa tuna rungu dalam memahami operasi bilangan bulat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 120-129. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.772
Abstract viewed = 235 times
PDF downloaded = 201 times