Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika

  • Firda Halawati Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran active konwledge sharing; (2) untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman matematika (3) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTSN 4 Kuningan yang berjumlah 748 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Kemudian semua sampel yang digunakan adalah 62 siswa. Tes diberikan dalam tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sebelum tes diberikan diuji terlebih dahulu instrumen tes berupa, validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan soal, daya pembeda soal dianalisis terlebih dahulu. Analisis data pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-Test yang sebelumnya telah diuji untuk normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan strategi active knowledge sharing MTSN 4 Kuningan berjalan dengan baik dan efektif. (2) Setelah data hasil tes awal dan akhir dari dua kelas dianalisis, akhirnya hasil rata-rata tes awal kelas eksperimen adalah 52,10 dan tes akhir adalah 73,06 sehingga dari rata-rata tes awal dan akhir ada meningkat 40,23%. Serta kelas kontrol memperoleh rata-rata rata-rata tes awal 51,77 dan tes akhir 67,56 ada peningkatan 30,50%. Hal ini diperkuat oleh uji perbedaan rata-rata (t-test) yang diperoleh dengan thitung> ttabel, yaitu 2,163> 1,670 dan nilai signifikansi di bawah 0,05, yaitu 0,03 <0,05. Berdasarkan uji N-Gain, nilai N-Gain yang diperoleh dari kelas eksperimen 0,55 adalah kriteria sedang dan untuk kelas kontrol 0,41 yang memiliki kriteria sedang. (3) Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa Haditerima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika.

Keywords: strategi active knowledge sharing, kemampuan pemahaman matematika, strategi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2017. Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics. (2)1. 31-32

Hartati. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Mathematics Education Science & Technology. (2).1, 22

Nafi’a, Asri. 2001. Proceeding Biology Education Conference : Biology, science, Enviromental, and learning. Jurnal FKIP.UNS. 9 (1) 29

Probst, Gilbert. 2001. Managing Knowledge Building Block For Success.(24)

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. (Bandung: Alfabeta).

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno. Haamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Yohanes, Feri. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan. (2)1. 26

Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Published
2019-12-04
How to Cite
Halawati, F. (2019). Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 64-77. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.765
Abstract viewed = 228 times
PDF downloaded = 249 times