Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran active konwledge sharing; (2) untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman matematika (3) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTSN 4 Kuningan yang berjumlah 748 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Kemudian semua sampel yang digunakan adalah 62 siswa. Tes diberikan dalam tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sebelum tes diberikan diuji terlebih dahulu instrumen tes berupa, validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan soal, daya pembeda soal dianalisis terlebih dahulu. Analisis data pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-Test yang sebelumnya telah diuji untuk normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan strategi active knowledge sharing MTSN 4 Kuningan berjalan dengan baik dan efektif. (2) Setelah data hasil tes awal dan akhir dari dua kelas dianalisis, akhirnya hasil rata-rata tes awal kelas eksperimen adalah 52,10 dan tes akhir adalah 73,06 sehingga dari rata-rata tes awal dan akhir ada meningkat 40,23%. Serta kelas kontrol memperoleh rata-rata rata-rata tes awal 51,77 dan tes akhir 67,56 ada peningkatan 30,50%. Hal ini diperkuat oleh uji perbedaan rata-rata (t-test) yang diperoleh dengan thitung> ttabel, yaitu 2,163> 1,670 dan nilai signifikansi di bawah 0,05, yaitu 0,03 <0,05. Berdasarkan uji N-Gain, nilai N-Gain yang diperoleh dari kelas eksperimen 0,55 adalah kriteria sedang dan untuk kelas kontrol 0,41 yang memiliki kriteria sedang. (3) Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa Haditerima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika.
Downloads
References
Hartati. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Mathematics Education Science & Technology. (2).1, 22
Nafi’a, Asri. 2001. Proceeding Biology Education Conference : Biology, science, Enviromental, and learning. Jurnal FKIP.UNS. 9 (1) 29
Probst, Gilbert. 2001. Managing Knowledge Building Block For Success.(24)
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Uno. Haamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Yohanes, Feri. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan. (2)1. 26
Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.