Analisis soal penilaian akhir semester mata pelajaran matematika smp berdasarkan level berpikir

  • Attin Warmi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas SIngaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Pembelajaran dan penilaian pembelajaran berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS) atau berpikir kritis selalu direkomendasikan dalam proses pembelajaran yang bermutu. Tujuan dari penelitiam ini yaitu untuk mendeskripsikan soal-soal pada penilaian akhir semester berdasarkan level berpikir dan jenis-jenis stimulis yang digunakan.  Pengelompokan pada level berpikir yaitu berdasarkan pada Lower Order Thinking Skills (LOTS), Midle Order Thinking Skills (MOTS), dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pengelompokan pada jenis stimulus yaitu dilihat dari pertanyaan yang digunakan dalam soal-soal penilaian akhir semester. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis dokumen. Soal-soal yang dianalisis adalah soal-soal matematika kelas VII pada penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari soal-soal yang di berikan pada Penilaian Akhir Semester ini merupakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu 48,57%, sedangkan soal yang tergolong dalam Midle Order Thinking Skills (MOTS) dan Low Order Thinking Skill (LOTS) berturut turut sebesar 31,43% dan 20%. Jenis stimulus yang digunakan dalam soal Penilaian Akhir Semester ini berupa penggalan kasus/situasi masalah, gambar, simbol,daftar kata, diagram dan rumus, tetapi jenis stimulus yang paling banyak ditemukan  dalam Soal Penilaian Akhir Semester ini yaitu penggalan kasus/situasi masalah.

 

Keywords: Penilaian akhir semester, level berpikir, Stimulus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, P. P. (2017). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FIP UNM, 343-354

Dantes, N. (2014). Landassan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta : Graha Ilmu

Helmawati. (2019). Pembelajaran dab Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: Rosdakarya

Kemendikbud. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017 SD/MI. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.

Lewy, Zulkardi, & Nyimas, A. (2009). Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.

NCSS. (1991). Theory and Research in social Education.College and University Faculty Assembly, XIX(4)

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.

Permendikbud Nomor 61 Th 2014 lampiran 1. Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2014).

Priatna, N., Fauzan, M., Wardhani, S., & Widdiharto, R. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Sari, P. (2017). Analisis Soal Matematika Ujian Sekolah Dasar tahun 2016/2017 Berkarakter Higher Order Thinking Skills (HOTS). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga.

Widana, I. (2017). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Depdikbud

Published
2019-12-04
How to Cite
Warmi, A., Galih Adirakasiswi, A., & Ihsan Imami, A. (2019). Analisis soal penilaian akhir semester mata pelajaran matematika smp berdasarkan level berpikir. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 53-63. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.762
Abstract viewed = 977 times
PDF downloaded = 969 times