Pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah
Abstract
Salah satu tujuan matematika di sekolah adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dimiliki karena untuk mengmbangkan pemahaman dan penguasaan konsep. Namun beberapa hasil studi menggambarkan kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih jauh dari harapan. Beberapa hasil studi menggambarkan kemampuan siswa Indonesia masih rendah dalam memecahkan masalah. Rendahnya kemampauan pemecahan masalah siswa juga terjadi pada siswa kelas V SDN Jatipamor I Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Untuk mengatasi permasalah tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan bahan ajar melalui pembelajaran yang dapat mendorong siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran yang memfasilitasi hal tersebut adalah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan ahli kurikulum, ahli materi dan ahli media dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan penilaian guru dan siswa, bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas sangat baik. Bahan ajar juga dinilai efektif karena hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 84,27%.
Downloads
References
Baringer, M.D., et al. (2010) Schools for All Kinds of Minds: Boosting Student Succes by embaracing Learning Variaton. Alexandria:ASCD.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta: Jakarta.
Chomsin S, Widodo, dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
Karar, E. E. dan Yenice, N. 2012. The investigation of scientific process skill level of elementary education 8th grade students in view of demographic features. Procedia Social and Behavioral Sciences.
Lazim, M. (2013) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. P4TK. Yogyakarta.
Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Muruganatham, G. (2016). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research. Vol 1.(3). Hal 52-54.
Nahdi, DS., (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 4 (1). Hal 50-56
Nahdi, DS., & Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 5 (1). Hal 1-7
Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assesment of Student. Pearson Education, Inc: Boston, MA.
Rustam, dkk. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal Of Mathematics Education (IEJME). Vol. 14 (1). 61-72.
Siddiq, D. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral PendidikanTinggi Departemen Pendidikan. Nasional.
Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI: Bandung.
Sriraman, B., & English, L. (2010). Theories of Mathematics Education. Spinger: Verlag Berlin Heidelberg.
Wilis, J. (2010). Learning to love math: teaching strategies that change student attitudes and get results. ASCD: Alexandria Virginia.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.