Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

  • Jihan Faridah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Prof. DR. Hamka
  • Wahidin Wahidin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Prof. DR. Hamka
  • Benny Hendriana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Prof. DR. Hamka

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving dengan berbantu benda konkret untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir khususnya pada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Metode penelitian yang dugunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 200 Jakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode problem solving dengan berbantu benda konkret dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik SMP.

Keywords: Benda Konkret, HOTS, Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Solving

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Bepikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang.
Jurnal Edumath, 115-163.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 155-163.

Fahrudin, Netriwati, & Putra, R. W. (2018). Pembelajaran problem solving modifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal Matematika, 181-189.

Firdausi, Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjauh dari gaya belajar pada pembelajaran model Eliciting Activities (MEA). PRISMA, 239-247.

Firmansyah, Wonorahardjo, S., & Arief, M. (2016). Penerapan model pembelajaran problem solving berbantu web pada materi ekstraksi terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Jurnal pendidikan sains, 65-72.

Handayani, I., Supriadi, E., & Marlena, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Calon Guru dengan Menggunakan Dianes AEM pada Materi Persamaan Kuadat. Pendidikan Matematika, 479-488.

Hendriana, B. (2019). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CABRI 3D UNTUK. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 112-120.

Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lince, R. (2016). Cretive Thingking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by
Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 206-212.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sadiman, A., & dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Setianingsih, H. (2016). Keefektifan problem solving dan guided inquiry dalam setting TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan diri. Jurnal riset pendidikan matematika, 221-233.

Shoimin, A. (2014). 68 Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Uno, H. B., Umar, M. K., & Panjaitan, K. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
Published
2019-12-04
How to Cite
Faridah, J., Wahidin, W., & Hendriana, B. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 25-38. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.737
Abstract viewed = 567 times
PDF downloaded = 391 times