Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka

  • Benny Hendriana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Wahyuningsih Wahyuningsih Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Edi Supriadi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Prof. DR. Hamka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal yang ada di Kab. Sikka Nusa Tenggara Timur terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi Seluruh Siswa Sekolah Dasar di Kab. Sikka. Teknik pengaambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang mengukur motivasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Uji hipotesis dilakukan setelah pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji regresi menggunakan SPSS, maka didapat nilai sigifikasi sebesar 0,00 (kurang dari 0,05) yang berarti menolah H0 dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Kab. Sikka terhadap motivasi belajar sebesar 90,5%.

Keywords: Kearifan Lokal, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 6, No. 01).

Untari, E. (2013). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(01), 1-8.

Hendriana, B. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Berbantuan Program Cabri 3d Untuk Memahamkan Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Tabung Dan Kerucut Kelas Ix-C Smp Negeri 4 Rangkasbitung. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Um.

Hendriana, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematis dan Gaya Belajar Siswa. Prosiding SENAMKU, 1, 477-484.

Hidayah, I. (2018, February). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 1-11).

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan wilayah pesisir dan lautan dalam perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2), 92-101.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 2(1).

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).

Murniasih, T. R. (2016). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 142-152). Penerbit CV. Bintang Sejahtera.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 135-142.

Primadata, A. P., & Kusumawati, D. K. (2018). Modernisasi Pendidikan di Indonesia Sebuah Perspektif Sosiologis terhadap Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Pujiono, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VB Sdn 047 Tarakan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 198-203.

Salome, M. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan di Kelas Ia Sd Inpres Maumere. Jurnal Akrab Juara, 4(2), 132-139.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Published
2019-12-04
How to Cite
Hendriana, B., Wahyuningsih, W., & Supriadi, E. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.586
Abstract viewed = 647 times
PDF downloaded = 375 times

Most read articles by the same author(s)