Kemampuan siswa SMK akuntansi dalam menyelesaikan soal jenis penalaran dan representasi matematis

  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kemampuan bernalar dan representasi menjadi bagian dari salah satu kemampuan awal yang harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan logis, sistematis, kreatif dan kritis. Bidang keahlian bisnis dan akuntansi menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti, karena penulis melihat adanya hubungan yang erat antara kajian materi matematika dengan ilmu bisnis dan akuntansi. Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan penalaran dan representasi siswa SMK tersebut, maka penulis melakukan langkah penelitian awal pada siswa SMKN bidang keahlian akuntansi, untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan penalaran dan representasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode triangulasi. Subjek Penelitian ini sebanyak 30 siswa SMKN 2 Karawang. Hal yang mempengaruhi hambatan kesulitan tersebut dapat kita kategorikan menjadi beberapa bagian:  1) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami soal yang diberikan. hal ini memunculkan kemungkinan kurangnya kemampuan literasi siswa atau kurangnya pemahaman konsep siswa. 2) keliru dalam membaca konsep kurang dari dan lebih dari, artinya kemampuan membaca gambar atau bentuk grafik yang dialami siswa. 3) kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan soal cerita dalam bentuk deskripsi kedalam model matematika atau model gambar ataupun grafik. Wawancara terhadap guru adanya keluhan atas jumlah jam pelajaran yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yang harus disampaikan sehingga ada kesulitan guru dalam menerapkan strategi yang tepat.

Keywords: SMK Akuntansi, Penalaran Matematis, Representasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.
Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Solo : RINEKA CIPTA.
Gurdayanti, Rizki. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI Bandung : tidak diterbitkan.
Herdian. (2010). Pengaruh Metode Disaery terhadap Kemapuan Analogi dan Generalisasi Matematis SiswaSMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Rinrin. (2009). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SMP Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNSUR Cianjur : tidak diterbitkan.
Sumarmo,U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.
Published
2019-06-16
How to Cite
Sopiany, H. N. (2019). Kemampuan siswa SMK akuntansi dalam menyelesaikan soal jenis penalaran dan representasi matematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 70-79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.576
Abstract viewed = 585 times
PDF downloaded = 282 times