Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Atin Saeputri universitas kristen satya wacana
  • Sutriyono Sutriyono Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW
  • Fika Widya Pratama Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan desain The Randomized Control Group Pretest-Post Test Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen) SMP Negeri 2 Tuntang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.  Penelitian dilaksanakan dalam pembelajaran matematika pada materi Pola Bilangan. Pada penelitian ini adalah tes essay kemudian dilakukan Uji normalitas dengan metode kolmogorov- smirnov dan Shapiro-Wilk serta menggunakan uji mann whitney U. Keseluruhan uji menggunakan SPSS versi 16 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji mann whitney diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hail belajar matematika kelas VIII di SMP N 2 Tuntang.

Keywords: Learning Outcome, Number Patterns, NHT-PAIKEM

Downloads

Download data is not yet available.

References

SM, Ismail.2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem; Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Ra SAIL Media Group: Semarang

Sudrajat,Akhmad.Permendikbud No.20,21,22dan 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.Diambil dari: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2016/07/14/permendikbud-no-20-21-22-dan-23-tahun-2016/. (9 Maret 2018)

Kusuma,Danar.2017.Peringkat Berapakah Indonesia di TIMSS?.Diambil dari: https://www.bernas.id/50899-peringkat-berapakah-indonesia-di-timss.html. (9 Maret 2018)

Fizriyani, Wida.2016.Nilai Matematika Paling Turun pada UN 2016.Diambil dari: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/06/10/o8k0jf284-nilai-matematika-paling-turun-pada-un-2016.(9 Maret 2018)

Puspitarini,Margaret.Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah.Diambil dari: https://news.okezone.com/read/2014/09/09/373/1036506/ini-penyebab-nilai-matematika-indonesia-rendah. (9 Maret 2018)

Annajmi,dkk.2016.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Rambah Samo. Vol.2 number 2.Diambil dari:http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1215/936.(10 Maret 2018)

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakara: Pustaka Pelajar

M.S, Suwanda.2011.Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah.Bandung:Alfabeta
Published
2019-05-23
How to Cite
Saeputri, A., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 15-23. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.507
Abstract viewed = 661 times
PDF downloaded = 575 times