Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran matriks transformasi siswa kelas XI

  • Rohmad Junia Sandy Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah masuk ke dunia pendidikan. Salah satu dampaknya yaitu media berbasis  multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran matriks transformasi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Setelah dilakukan pengembangan kemudian di uji kevalidan dan kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran serta siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Terdapat 6 tahap yang harus dilalui, diantaranya tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap verifikasi, tahap validasi, dan tahap akhir dengan nama TaGeo. Diperoleh bahwa media yang dikembangkan tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika dengan materi Transformasi berdasarkan validasi oleh para ahli dan respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan media yang dikembangkan sangat vali dengan skor rata-rata 3,53. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,49. Hasil validasi oleh praktisi pembelajaran menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,44. Dan hasil respon siswa meunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan skor rata-rata 3,41.

Keywords: • media pembelajaran, multimedia, pembelajaran matematika, transformasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02
How to Cite
Sandy, R. J. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran matriks transformasi siswa kelas XI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 49-59. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/417
Abstract viewed = 217 times
PDF downloaded = 190 times