PENGEMBANGAN DIGIBOOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

  • Ivan Sovian Universitas Siliwangi
  • Supratman Universitas Siliwangi
  • Puji Lestari Universitas Siliwangi

Abstract

Pentingnya sebuah media pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik harus dipersiapkan oleh pendidik, salah satunya dengan digibook. Penelitian ini bertujuan menghasilkan digibook bangun ruang sisi lengkung untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang guru matematika, 5 orang peserta didik yang diambil dari kelas sembilan diluar kelas IX B, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas IX B SMP Negeri 2 Cikijing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini valid dengan kategori sangat layak digunakan. Respon pengguna terhadap digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini positif dengan kategori sangat baik. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori Strong Effect. Kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional sebanyak 8 orang atau 25% peserta didik berada pada kategori “Tinggi”. Sebanyak 20 orang atau 62,5% peserta didik berada pada kategori “Sedang”. Sebanyak 4 orang atau 12,5% peserta didik berada pada kategori “Rendah”. Sehingga disimpulkan bahwa digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Keywords: Digibook, Flip PDF Professional, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A. (2017). Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 19–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.25

Abidin, Z. (n.d.). PENERAPAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan. In Bumi Aksara : Jakarta. (Ed. 2, Cet). Jakarta,Bumi Aksara.;2014.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Book Reviews Research Methods in Education. The Austr Alian Educational Researcher, 2, 147–156.

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 191–203. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1089

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082–3096. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.995

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Patmawati, H., Ratnaningsih, N., & Hermanto, R. (2016). Developing Character Based Interactive L Earning Media To Facilitate Student ’ S Self - Learning of Capita Selecta Mathematics ( a Research on Mathematical Critical and Creative Thinking Skillsof Mathematics Departement Studentof Teacher Trainingand Educa. Prosiding Ictte Fkip Uns 2015, 1(2008), 523–532.

Rasyid, M. R. (2008). OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM PROSES TRANSFORMASI PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 55–68. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a5

Ratnasari, Y. T. (2019). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Yulia Triana Ratnasari. Seminar Nasional, 235–239.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan. jakarta : Rajawali Press.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.

Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., & Zuhri Daim. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 2086–4280. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Published
2023-05-25
How to Cite
Ivan Sovian, Supratman, & Puji Lestari. (2023). PENGEMBANGAN DIGIBOOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 99-120. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2852
Abstract viewed = 163 times
PDF downloaded = 127 times