PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA
Abstract
matematika dan self efficacy siswa Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method strategi embedded konkuren. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol serta siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala Self Efficacy dijabarkan dan dieksplorasi dari 4 domain yakni: (1) domain motivasi, (2) domain kognisi, (3) domain perilaku, dan (4) domain emosi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada pembelajaran konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan Self Efficacy siswa dengan nilai korelasinya 0,503 yang berkategori sedang.
Downloads
References
Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Mathematicall modelling.Tesis pada PPS UPI: Tidak diterbitkan.
Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Pres
Bandura, A. (2006). Guide For Constructing Self-efficacy Scales. Self-efficacy Beliefs of Adolescents, researt journal volume 6, 307-337.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar
Depdiknas (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional no 20,
Jakarta: DEPDIKNAS.
Hake, R. R. (1999). Interactive Engagement Versus Traditional Method: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course.American Journal Physics. 66. 64-74.
Indrawan, R. & Yaniawati, P (2014).Metodelogi Penelitian: Kuantitaf, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: RefikaAditama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
Nobel, A. (2011). Hubungan antara Self Efficacy dengan prestasi belajar pada mahasiswa Psikologi Fakultas Humaniora. Binus University Tahun Ajaran Genap 2011/ 2012.
Schunk & Pajares. (2001). The developmental of academic self-efficacy. Dalam A. Wigfield & J. Eccles (Penyunting). Developmental of achievement motivation. San Diego: Academic Press.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA UPI.
Trihendradi, C. (2008). 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta: CV.Andi Offset
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.