ANALISIS INSTRUMEN SOAL PILIHAN GANDA UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN

  • Okta Pita Dian Sari Universitas Islam Malang
  • Sunismi Universitas Islam Malang
  • Anies Fuady Universitas Islam Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester pada pembelajaran matematika peminatan di SMAN 4 Malang yang ditinjau dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pilihan sebagai pengecoh. Penelitian ini ialah penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Evaluasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2022/2023 guna mengetahui kualitas soal dengan cara melakukan analisis butir soal. Penelitian dilakukan dengan sampel sebanyak 36 lembar jawaban siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan keefektifan pilihan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaran soal; 1 butir (5%) sangat mudah, 1 butir (5%) mudah, 12 butir (60%) sedang, 4 butir (20%) sukar, dan 2 butir (10%) sangat sukar. Untuk daya pembeda soal, 4 butir (20%) sangat buruk, 1 butir (5%) buruk, 4 butir (20%) cukup, dan 11 butir (55%) baik. Untuk efektifitas pilihan; 4 butir (20%) dalam kategori sangat baik, 6 butir (30%) dalam kategori baik, dan 10 butir (50%) dalam kategori buruk. Butir soal yang memiliki kualitas dengan kategori baik dapat digunakan atau di sebarkan untuk siswa, namun butir soal dengan kategori kurang baik dapat direvisi, dan butir soal dengan kategori buruk harus diganti dengan soal baru.

Keywords: Daya Pembeda, Efektifitas Pilihan, Tingkat Kesukaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, Y & Putri, H.E. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMK Pada Materi Statistika. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 6(2): 156-165.

Aliati, & Ibrahim, M. 2013. Kualitas Tes Ujian Nasional Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Buton Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Erfan, M., Maulyda, M.A., Hidayati, V.R., Astria, F.P., & Ratu, T. 2020. Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik Dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1): 11-19.

Fatimah, L.U & Alfath, K. 2019. Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2): 37-64.

Halik, A.S., Mania, S., & Nur, F. 2019. Analisis butir soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11-17

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika (I): rajawali pers: Jakarta.

Hanifah, N. 2014. Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO e-KONS, 6(1): 41-55.

Iskandar, R. 2019. Skripsi. Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Sekota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kadir, A. 2015. MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. AL-TA’DIB : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70–81.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (I). PT Refika Aditama: Bandung.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. 2020. Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. BINTANG, 2(2): 244-257.

Mardiyana. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan penilaian Portofolio pada pembelajaran matematika berorientasi kemampuan awal. Journal of mathematics and mathematics Education, 4(1).

Octavia, Y. M. 2014. Skripsi. Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester II Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Purwanti, M. 2014. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2).

Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.

Riswanda, R. 2015. Skripsi. Analisis Butir Soal Ulangan Mid Semester Kompetensi Keahlian Memperbaiki Sistem Pelumasan dan Pendinginan Kelas XI Semester I Program Keahlian TKR SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Tahun 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sudjiono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Tutut kurniawan. 2015. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 1(1).

Wahyuningsih, E.T. 2015. Skripsi. Analisis Butir Soal Tes Objektif Buatan Guru Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Warmi, A., Adirakasiswi, A.G., & Imami, A.I. 2019. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Smp Berdasarkan Level Berpikir. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 5(2): 53-63.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. 2018. Analisis Soal Modul Laboratorium Fisika Sekolah I Menggunakan Racsh Model. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1).

Published
2023-05-03
How to Cite
Sari, O. P. D., Sunismi, & Anies Fuady. (2023). ANALISIS INSTRUMEN SOAL PILIHAN GANDA UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 1-12. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2718
Abstract viewed = 601 times
pdf downloaded = 451 times