ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI BILANGAN BULAT

  • Mohamad Lutfi Nugraha Lutfi Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Platform online Quizizz merupakan aplikasi evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz pada mata pelajaran Matematika dengan Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Al-Qalam Jakarta Timur. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Al-Qalam Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah secara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Siswa dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik kuisioner, adapun analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa memiliki persepsi  sangat  baik  atau positif terhadap  penggunaan  Quizizz pada  mata  pelajaran matematika dengan materi operasi bilangan bulat yaitu hal ini ditunjukan dengan persentase angket siswa  sebesar 86,6% serta hasil wawancara dengan siswa dan pendidik yang menghasilkan jawaban yang positif persepsinya terhadap aplikasi Quizizz artinya aplikasi Quizizz sangat baik digunakan oleh siswa dan  pendidik untuk evaluasi pembelajaran, dan aplikasi ini bisa diterapkan pada materi lainnya dalam mata pelajaran matematika.

Keywords: Persepsi, Quizizz, Bilangan Bulat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 109). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyar, B. (2014). Aplikasi Turunan (derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimal. al-Khwarizmi, Volume II, Edisi I, 1 - 14. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98

Chiang, A. C. (2005). Dasar-dasar Matematika Ekonomi (Vol. 4). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dumairy. (1999). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. In Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. (p. 197). yogyakarta, yogyakarta, indonesia: BPFE-Yogyakarta.

Hignasari, L. V. (2018). Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan. VASTUWIDYAVol. 1, No.2, 1 - 6. doi:https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.20

Legowo. (1984). Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. In Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. (p. 3). Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Supatimah, S. S. (2019). Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.10, No.1, 13 -23. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3145

Susantun, I. (2000). Fungsi keuntungan Cobb-Douglas dalam pendugaan efisiensi ekonomi relative. Economic Journal of Emerging Markets 5.2:, 149-160. doi:https://doi.org/10.20885/ejem.v5i2.6935

Published
2022-12-26
How to Cite
Lutfi, M. L. N. (2022). ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI BILANGAN BULAT. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 59-65. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2423
Abstract viewed = 140 times
pdf downloaded = 161 times