ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA
Abstract
Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA di kabupaten Bekasi pada materi barisan aritmatika. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik purposive sampling peneliti memilih subjek sebanyak empat siswa SMA dari kabupaten Bekasi. Instrumen utama dari penelitian ini yaitu peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan berupa soal uraian sebanyak dua soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis jawaban dari masing-masing subjek ditinjau dari keempat indikator kemampuan berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis, dan melakukan wawancara tak terstruktur kepada subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat subjek, hanya satu yang mampu memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA di kabupaten bekasi pada materi barisan aritmatika masih rendah. Hal tersebut diperkuat oleh hasil wawancara yang menunjukkan bahwa siswa masih belum paham terhadap cara atau langkah-langkah yang harus digunakan untuk menjawab soal dengan benar dan tepat.
Downloads
References
Andriani, D., & Nuraman, A. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa smp di kota cimahi pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(2), 207–218. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228
Anita, & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Kemampuan Awal. MAJU, 8(2), 159–167.
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178.
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64.
Din, M. (2020). Evaluating university students’ critical thinking ability as reflected in their critical reading skill: A study at bachelor level in Pakistan. Thinking Skills and Creativity, 35, 100627. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100627
Fitry, L. A. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Dan Problem Based Learning Pada Materi Pokok Barisan Dan Deret Kelas X SMK Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Gojkov, G., Stojanović, A., & Rajić, A. G. (2015). Critical Thinking of Students – Indicator of Quality in Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 591–596. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.501
Güner, P., & Erbay, H. N. (2021). Prospective mathematics teachers’ thinking styles and problem-solving skills. Thinking Skills and Creativity, 40, 100827. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100827
Hamilton, A. B., & Finley, E. P. (2020). Reprint of: Qualitative methods in implementation research: An introduction. Psychiatry Research, 283, 112629. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112629
Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal On Education, 01(03), 37–47.
Laumann, K. (2020). Criteria for qualitative methods in human reliability analysis. Reliability Engineering and System Safety, 194, 106198. https://doi.org/10.1016/j.ress.2018.07.001
Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS ( Higher Order Thinking Skill ). Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 26–30.
Mukuka, A., Shumba, O., & Mulenga, H. M. (2021). Students’ experiences with remote learning during the COVID-19 school closure: implications for mathematics education. Heliyon, 7(7), e07523. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07523
N, S., Herman, T., & Wahyudin. (2017). The Increase of Critical Thinking Skills through Mathematical Investigation Approach The Increase of Critical Thinking Skills through Mathematical Investigation Approach. Journal of Physics: Conference Series, 812. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Nugroho, W., Wicaksono, B., & Sagita, L. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1–8.
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106.
Ocampo, J. M., & Belecina, R. R. (2018). Effecting Change on Students’ Critical Thinking in Problem Solving. Educare:International Journal for Educational Studies, 10(2), 109–118.
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121–136.
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318–324.
Sarpkaya, G., & Ünlü, M. (2013). Critical Thinking Skills of Teacher Candidates of Elementary Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 831–835. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.288
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2018). Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 71–82. https://doi.org/10.30738/.v6i1.1999
Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 325–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.325-332
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.