SELF EFFICACY SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SELAMA PEMBELAJARAN DARING

  • Riham Fahira Rantayu UIN Sunan Kalijaga
  • Aninda Aulia Rahayu UIN Sunan Kalijaga
  • Ibrahim UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy terhadap pemahaman konsep matematika materi SPLDV pada siswa SMA sederajat selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan metode survei. Instrumen yang digunakan ada 2 angket yaitu angket self efficacy yang menggunakan skala likert dan angket pemahaman konsep yang berupa skala ordinal 1-5. Subyek penelitian adalah 30 orang siswa SMA sederajat. Analisis data yang digunakan  adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa adanya hubungan antara self efficacy dengan kemampuan pemahaman konsep siswa selama pembelajaran matematika daring pada materi SPLDV dan ditunjukkan bahwa hubungan antara keduanya tidak saling mempengaruhi dikarenakan nilai korelasinya kecil.

Keywords: Self Efficacy, Pemahaman konsep, Pembelajaran daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D.Wiji .2014. Pengaruh Doa Terhadap Coping Stress Pada Santri DiPondok Pesantren Sunan Pandanaran Ngunut. IAIN Tulungagung.

Alifia, O.D.A.P., dkk. 2021. Pengaruh kecemasan dan self efficacy siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Semarang, 11 Agustus 2021

Anandari, D.S. 2013. Hubungan Persepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi dan Perkembangan. 2(3), 210-218.

Destiniar, dkk. 2019. Kemampuan Penahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 12(1), 115-129.

Hendriana, H., dkk. 2019. Self-efficacy dan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3 (2), 153-165.

Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 14(2), 90-97.

Utami, R.W., dkk. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2), 166-175

Ibrahim, Andi., dkk. 2018. Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Ningsih, F. 2018. Skripsi. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Universitas Islam Majapahit: tidak dipublikasikan.

Hasanah, U. 2017. Skripsi. Analisis Pemahaman Konseptual dan Self Efficacy pada Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Malang: tidak dipublikasikan.

Suraji, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) .Suska Journal of Mathematics Education. 4(1), 9-16.

Abdillah. 2021. “Pengertian dan Metode Penyelesaian SPLDV Secara Lengkap”. https://rumusrumus.com/spldv/ (diakses tanggal 24 Oktober 2021).

Lararenjana, E. 2021. “SPSS adalah Program Analisis Statistika, Pelajari Kegunaan Serta Sejarahnya”. https://www.merdeka.com/jatim/spss-adalah-program-analisis-statistika-pelajari-kegunaan-serta-sejarahnya-kln.html (diakses tanggal 27 Oktober 2021)

Dimyati A, dkk. 2018. Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (on Line) Bagi Guru Dan Siswa Di SMK NU Rogojampi.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2), 96–100.

Putri, A. dkk. 2021. Pengaruh Kecemasan Dan Self-Efficacy Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Kelas VII Tahun Ajaran. SENATIK. 31–36.

Ramadhani, R. & Siregar, R. 2021. Analisis Self Efficacy Matematika Siswa Terhadap Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19.MAJU. 8(2),367–75.

Saputra, Rendi. 2019. Tujuan Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9),1689–99.

Soeprianto, Harry. 2009. Penerapan Pembelajaran Nilai-Nilai Yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Education. 4(2),29–37.

Sukmawati, Rika. 2017. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. 10(2),95–104.

Syarifudin, A. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua. 5(1),31–34.

Published
2022-06-17
How to Cite
Rantayu, R. F., Rahayu, A. A., & Ibrahim. (2022). SELF EFFICACY SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SELAMA PEMBELAJARAN DARING. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 124-134. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1491
Abstract viewed = 274 times
pdf downloaded = 239 times