PEMANFAATAN SOFTWARE CABRI GEOMETRY DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

  • abdul rosyid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan induktif berbantuan program Cabri Geometry dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan induktif tanpa bantuan program Cabri Geometry. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Group Design yaitu desain kelompok pembanding pretes/postes. Dalam penelitian ini diambil dua kelas yang homogen dengan perlakuan berbeda. Kelas eksperimen adalah kelas yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif berbantuan program Cabri Geometry dan kelas kontrol adalah kelas yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif tanpa bantuan program Cabri Geometry. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan selama penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif berbantuan program CG dan siswa yang memperoleh pembelajaran geometri dengan pendekatan induktif tanpa bantuan program CG.

Keywords: Pendekatan Induktif, Cabri Geometry, Kemampuan Representasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
rosyid, abdul. (2016). PEMANFAATAN SOFTWARE CABRI GEOMETRY DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 70-84. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/138
Abstract viewed = 105 times

Most read articles by the same author(s)

> >>