kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumber yang ditinjau dari self-efficacy pada materi trigonometri

Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X

  • Santi sulistiya santi UNNES

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumber yang ditinjau dari self-efficacy pada materi trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini diambil tiga subjek penelitian dari kategori siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah di SMA Negeri 1 Sumber. Pengumpulan data menggunakan angket, tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Uji validasi yang digunakan adalah uji triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga subjek penelitian tersebut, siswa dapat mencapai dua hingga tujuh indikator literasi matematika. Siswa dengan self-efficacy rendah hanya mampu memenuhi dua indikator literasi matematika yaitu Communication, dan Representation. Siswa dengan self-efficacy sedang mampu memenuhi empat indikator literasi matematika yaitu Communication, Using mathematics tools, Mathematising, dan Representation. Sedangkan Siswa dengan self-efficacy tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika

Keywords: Literasi Matematika, Self-Efficacy, Trigonometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binkley,M et al. (2012). Defining Twenty-First Century Skill. London: Springer
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change.
[DBE], D. of B. E. (2011). Curriculum and Assessment Policy Statement 10–12 (General): Mathematical Literacy. Department of Education.
Diani, T. R. C. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbantu E-learning Schoology pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X TPMI SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/205. Jurnal EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 18(2): 163-168.
Mawaddah, N., Suyitno, H., & Kartono. (2015). Discovery Learning Model Learning with Metacognitive Approaches to Improve Metacognition and Mathematical Creative Thinking Ability. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
OECD. (2012). PISA 2012 Assessment Framework. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e -book_final.pdf
OECD. (2013). PISA 2006 technical report.
OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015- results-in-focus.pdf
Ojose, B. (2011). “Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learning Into Everyday Use?”. Journal of Mathematics Education, 4 (1): 89-100.
Ozgen, K., & Bindak, R. (2011). Determination of Self-Efficacy Beliefs of High School Students Towards Math Literacy. Educational Science: Theory & Practice, 11(2), 1085–1089.
Ozgen, K. (2013). “Self-Efficacy Beliefs In Mathematical Literacy and Connections Between Mathematics and Real World: The Case of High School Students”. Juornal of International Education Research, 9 (4): 305-316.
Permendikbud No.21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Lingkup Pendidikan Menengah
Purwanti, K. L., & Mujiasih. (2021). Kemampuan literasi matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah ditinjau dari Self-Efficacy. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 50–65. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Sandström, M., Nilsson, L., & Lilja, J. 2013. “Displaying Mathematical Literacy – Pupils’ Talk about Mathematical Activities”. Journal of Curriculum and
Teaching, 2 (2): 55-61.
Schunk, D. H. (1991). Self-efficacy and academic motivation. Educational Psychologist, 26, 207–231.
Stacey, K. 2010. “Mathematical and Scientific Literacy Around the World”. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33 (1): 1- 16.
Wardono, Waluya, S.B., Mariani, S., & D, S. Candra. 2015. “Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo”. Journal of Physics: Conference Series 693.
Published
2021-12-31
How to Cite
santi, S. sulistiya. (2021). kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumber yang ditinjau dari self-efficacy pada materi trigonometri. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 149-159. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1374
Abstract viewed = 512 times
pdf downloaded = 410 times