PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Cigugur

  • Anis Suryani
  • Yudi Yudianto
  • Moh. Syukur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang positif
antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model
pembelajaran kooperatif NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Cigugur
pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acak
berkelompok (cluster random sampling) untuk menentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Instrumen untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa
dengan menggunakan tes tertulis berupa soal uraian, sedangkan untuk mengetahui
respon siswa terhadap pembelajaran dengan model kooperatif NHT dengan
menggunakan angket. Dari hasil analisis data awal maupun akhir sampel tersebut
berdistribusi normal dan homogen dan juga sampel sebelum perlakuan tidak ada
perbedaan yang signifikan. Untuk mengetahui perbedaan setelah perlakuan dari
kedua model pemebalajaran tersebut dugunakan uji t. Maka dengan kriteria uji

Keywords: Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT); Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Suryani, A., Yudianto, Y., & Syukur, M. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/122
Abstract viewed = 148 times
PDF downloaded = 0 times