PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA

  • Inri Rahmawati

Abstract

Satu dari lima kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai bentuk
penguasaan matematika adalah kompetensi strategis. Kompetensi strategis
merupakan kemampuan untuk merumuskan masalah, merepresantasikan masalah,
dan menyelesaikan masalah. Untuk dapat mengembangkan kemampuan ini dilakukan
penelitian menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan, (1) Untuk mengetahui apakah
siswa yang belajar menggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yang
lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran
matematika biasa, (2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran
matematika menggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada salah satu SMP Negeri di Bandung
kelas VIII. Kemudian dua kelas secara random diambil sebagai sampel penelitian,
kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrumen non tes.
Instrumen tes berupa tes kompetensi strategis sedangkan instrumen non tes berupa
angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Siswa yang belajar
menggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yang lebih baik daripada
siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa, (2) Pada
umumnya siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika
menggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis. Hal ini
terlihat dari hasil angket berupa rata-rata skor siswa dan hasil observasi yang
dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Rahmawati, I. (2015). PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/117
Abstract viewed = 94 times

Most read articles by the same author(s)