PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFFERENSIAL

  • Tika Arum Permatasari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II Mata Kuliah Kalkulus Differensial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi, motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variable terikat. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh atau sampel sensus dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Sampel yang diambil adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester II tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas dan variabel terikat dengan persamaan regresi yaitu Y = -13,912 + 1,052 X. Uji koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R-Squared sebesar 0,2667 atau 26,67% yang berarti X dapat menjelaskan Y sebesar 26,67% atau motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan pengaruh 26,67%.

Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kalkulus Diferensial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, U. I. (2014). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Kompetensi Kejuruan Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 8 Padang. Jurnal Penelitian .
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Wiji, W., FX.Sukardi, & Partono. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal , 1-6.
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) Vol. 3 No. 2 , 110-118.
Fitria, S. E., & Ariva, V. F. (2018). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia Vol.18 No.3 , 197-208.
Mariahyati, I. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 3 , 1-20.
Setyorini, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta. Jurnal AKRAB JUARA Vol. 3 No. 1 , 138-148.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-08-11
How to Cite
Tika Arum Permatasari, Afif Afghohani, & Andhika Ayu Wulandari. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFFERENSIAL. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1162
Abstract viewed = 215 times
pdf downloaded = 146 times