PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFFERENSIAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II Mata Kuliah Kalkulus Differensial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi, motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variable terikat. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh atau sampel sensus dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Sampel yang diambil adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester II tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel bebas dan variabel terikat dengan persamaan regresi yaitu Y = -13,912 + 1,052 X. Uji koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R-Squared sebesar 0,2667 atau 26,67% yang berarti X dapat menjelaskan Y sebesar 26,67% atau motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan pengaruh 26,67%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Wiji, W., FX.Sukardi, & Partono. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal , 1-6.
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) Vol. 3 No. 2 , 110-118.
Fitria, S. E., & Ariva, V. F. (2018). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia Vol.18 No.3 , 197-208.
Mariahyati, I. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 3 , 1-20.
Setyorini, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta. Jurnal AKRAB JUARA Vol. 3 No. 1 , 138-148.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.