Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK

  • Unay Nurmansyah SMK PGRI Ciawigebang
  • Setiana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Abstract

Penerapan pembelajaran yang berbasis saintifik dan mampu menumbuhkan komunikasi, kolaborasi dan inovatif dalam membangun pola pikir yang kritis, sangatlah dibutuhkan pada masa sekarang ini. Di SMK PGRI Ciawigebnag kelas XI TKRO 4,  memiliki kendala bagaiamana pengelolaan proses belajar mengajar yang efektif yang mampu meningkatkan  hasil belajar peserta didik di kelas tersebut. Sehingga dibutuhkan sebuah pendekatan pembelajaran yang berbasis saintifik HOTS dengan mengutamakan kolaboratif, komunikatif serta proses belajar mengajar yang menggunakan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis). Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak dari suatu interaksi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan permasalahan ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptf. Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK  berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; 2) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK  berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; dan 3) Sikap siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang terhadap pembelajaran matematika setelah memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Saintifik TPACK  berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual sangat  positif.

 

Keywords: siswa, TPACK, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pustaka yang berupa judul buku
Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arofah, E. (2006). Penerapan Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran Persegi Panjang dan Persegi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Skripsi . Bandung : Universitas Islam Nusantara tidak di terbitkan.
Dimyati.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ibrahim. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Muslihudin . (2009). Kiat sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Rizqi Press.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Transito.
Sudjana. (2000). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisifatif. Bandung.Falah Production.
Winkell, W.S. (1986). Fsikologi dan Evaluasi Belajar. Jakarta.Gramedia.

Pustaka yang berupa jurnal ilmiah
Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26–42.
Ayoib, C. A., & Nosakhare, P. O. (2015). Directors culture and environmental disclosure practice of companies in Malaysia. International Journal of Business Technopreneurship, 5(1), 99–114.
Wang, Ning Tao, Huang, Yi Shin, Lin, Meng Hsien, Huang, Bryan, Perng, Chin Lin, & Lin, Han Chieh. (2016). Chronic hepatitis B infection and risk of antituberculosis drug-induced liver injury: Systematic review and meta-analysis. Journal of the Chinese Medical Association, 79(7), 368–374

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:
http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran-kepala-bernomor.html
https://wahyutrilestari.com/tpackmateri.html

Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:
Muthiasari, Sri.(2019) Peningkatan pemahaman konsep barisan dan deret Aritmetika dengan model pembelajaran mind mapping (PTK pembelajaran matematika siswa kelas X SMK Gajah Mungkur Sidoharjosemester gasal tahun 2018/2019). Surakarta . Skripsi
Published
2020-12-07
How to Cite
Nurmansyah, U., & Setiana. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 195-211. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1147
Abstract viewed = 3308 times
pdf downloaded = 2089 times