Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK
Abstract
Penerapan pembelajaran yang berbasis saintifik dan mampu menumbuhkan komunikasi, kolaborasi dan inovatif dalam membangun pola pikir yang kritis, sangatlah dibutuhkan pada masa sekarang ini. Di SMK PGRI Ciawigebnag kelas XI TKRO 4, memiliki kendala bagaiamana pengelolaan proses belajar mengajar yang efektif yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas tersebut. Sehingga dibutuhkan sebuah pendekatan pembelajaran yang berbasis saintifik HOTS dengan mengutamakan kolaboratif, komunikatif serta proses belajar mengajar yang menggunakan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis). Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak dari suatu interaksi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan permasalahan ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptf. Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; 2) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik TPACK berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual; dan 3) Sikap siswa kelas XI TKRO 4 SMK PGRI Ciawigebang terhadap pembelajaran matematika setelah memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Saintifik TPACK berbantu metode kooperatif tipe STAD dan model PBL pada materi konsep Barisan dan deret Aritmetika dalam pemecahan masalah kontektual sangat positif.
Downloads
References
Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arofah, E. (2006). Penerapan Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran Persegi Panjang dan Persegi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Skripsi . Bandung : Universitas Islam Nusantara tidak di terbitkan.
Dimyati.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ibrahim. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Muslihudin . (2009). Kiat sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Rizqi Press.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Transito.
Sudjana. (2000). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisifatif. Bandung.Falah Production.
Winkell, W.S. (1986). Fsikologi dan Evaluasi Belajar. Jakarta.Gramedia.
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah
Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26–42.
Ayoib, C. A., & Nosakhare, P. O. (2015). Directors culture and environmental disclosure practice of companies in Malaysia. International Journal of Business Technopreneurship, 5(1), 99–114.
Wang, Ning Tao, Huang, Yi Shin, Lin, Meng Hsien, Huang, Bryan, Perng, Chin Lin, & Lin, Han Chieh. (2016). Chronic hepatitis B infection and risk of antituberculosis drug-induced liver injury: Systematic review and meta-analysis. Journal of the Chinese Medical Association, 79(7), 368–374
Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:
http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran-kepala-bernomor.html
https://wahyutrilestari.com/tpackmateri.html
Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:
Muthiasari, Sri.(2019) Peningkatan pemahaman konsep barisan dan deret Aritmetika dengan model pembelajaran mind mapping (PTK pembelajaran matematika siswa kelas X SMK Gajah Mungkur Sidoharjosemester gasal tahun 2018/2019). Surakarta . Skripsi
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.