Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Multiple Intelligence

  • Agung Kurniawan Djibran Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Abstract

Pencapaian iklim sekolah yang baik tidak dapat dilepaskan dari kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang dalam proses kepemimpinannya mengintegrasikan berbagai kecakapan dan kemampuan yang dimilikinya baik dari segi kemampuan intelektual, emosional maupun kemampuan spiritualitasnya. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses kepemimpinan, seorang kepala sekolah dituntut untuk dapat mensinergikan ketiga kemampuan ini dalam membangun interaksi interpersonal maupun sosial dalam lingkup sekolah yang dipimpinnya.Dimensi-dimensi kecerdasan spiritual kepala sekolah dalam hal penguatan iklim sekolah dapat diwujudkan melalui beberapa strategi, yaitu ; menerjemahkan visi dan misi serta tujuan sekolah, membangun sinergitas antar komponen warga sekolah, menggunakan pemahaman dan logika berpikir yang sehat, membangun perasaan cinta akan kebenaran, memberikan teladan yang baik bagi warga sekolah, bertindak dan berperilaku secara adil, membiasakan perilaku jujur, disiplin, dan santun dalam pergaulan,pembiasaan sikap dan pola hidup sederhana; dan mendudukkan segala persoalan pekerjaan dalam organisasi sebagai tugas yang harus diemban dalam kerangka ibadah kepada Sang Pencipta.Berdasarkan strategi tersebut, maka kecerdasan spiritualitas akanberperan sangat strategis dan krusial dalam penguatan iklim sekolah yang sehat, positif dan efektif bagi terselenggaranya proses pendidikan di lingkungan sekolah.

Keywords: Strategi, Pemimpin, Iklim Sekolah, Multiple Intelligence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Alfian, Implementasi Analisis Posisi Perencanaan Strategik Pemerataan & Peningkatan Mutu Pendidikan SD/MI di Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Universitas Pendidikan Indonesia, Tesis Tidak Dipublikasikan, 2013.

Amran, Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Departemen Sosial Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ichsan Gorontalo, Vol. 4 No.2 Mei 2009.

Ardiansyah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Islam Unggul di Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Tesis Tidak Dipublikasikan, 2009.

Busch, et.al, The Effect of School Culture and Climate on Studens Achievement, yang dimuat dalam International Journal of Leadership in Education, January-March, Vol 12, No. 1, 2009.

Davis, Keith dan John W, Newstorm, Perilaku Dalam Organisasi, Alih Bahasa Agus Dharma, Erlangga, Jakarta, 2000.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesaia, Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesaia, Pengembangan Kultur Sekolah, Jakarta: Depdiknas, 2009.
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional); Mengapa EI Lebih Penting dari Pada IQ, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Gonder, Peggy Odell, Improving School Climate and Culture, Editor: Donal L. Hymes, USA: American Assosiation of School Administrators, 1994.

Hoy, W. K., Smith, P., & Sweetland, S. R, The Development of The Organizational Climate Index For High Schools: Its Measure and Relationship to Faculty Trust, Electronic Version, High School Journal 38, 12, 2002.

Hoy, W.K. & Miskel, C.G, Educational Administration: Theory. Research, and Practice. New York: Random House, 1978.

Kartono, Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal itu ?, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Masaong, Abd Kadim & Tilome, Arfan A, Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence; Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang, Bandung: Alfabeta, 2011.

Nuchiyah, Nunu, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Dasar Vol. V, No. 7, 17-29, 2007.

NSCC,The School Climate Change. Narrowing the Gap between School Climate Research and School Climate Policy, Pracctice Guideliness and Teacher Education Policy, NSCC: Center for Social and Emotional Education and Eduation Commission of the States.
Reave, Laura, Spiritual Values and Practices Related to Leadership Effectiveness, Elsevier: The Leadership Quarterly 16, 2005.

Robert M. Gagne Et All, Principles of Instructional Design. Thomson Learning, Belmont-CA. Fifth Edition, 2005.
Stover, Del, Climate and Culture, American School Board Journal, Desember, 2005.

Suharsaputra, Uhar, Menjadi Guru Berkarakter, Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi, Konsep dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT. RajaGrafindo Indonesia Persada, 2004.
Published
2016-01-29
How to Cite
Djibran, A. K. (2016). Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Multiple Intelligence. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 15-27. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.55
Abstract viewed = 534 times
Download (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times