Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak anggota ekstrakurikuler yang belum terampil dalam gerak dasar renang gaya bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan metode part-whole practice terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas pada anggota ekstrakurikuler renang SMP Amal Bhakti Manislor Tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah 10 anggota ekstrakurikuler putri. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes latihan dengan kriteria gerakan dasar renang gaya bebas. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata tes awal 16,2 dan nilai rata-rata pada tes akhir 25,1. Dengan tingkat signifikansi < 0,05 dapat diperoleh thitung 2,621 dengan sig. sebesar 0,031. Karena nilai signifikansi 0,031 < 0,05 maka Ha diterima. kesimpulannya adalah terdapat pengaruh latihan menggunakan metode part-whole practice terhadap peningkatan keterampilan renang gaya bebas pada anggota ekstrakurikuler renang SMP Amal Bhakti Manislor tahun 2016.
Downloads
References
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. KONI Pusat, Jakarta.
Listiono. 2013. Jurnal Efektifitas Pembelajaran Gerak Renang Gaya Bebas Dengan Menggunakan Alat Bantu. FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Pramandhika, Reddy. 2009. Perbandingan Metode Belajar Renang dengan Menggunakan Alat Bantu Pelampung Dan Berteman Terhadap Teknik Renang Gaya Bebas Jarak 25 Meter Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Renang Sma Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. PJKR Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Copyright (c) 2016 Puji Rahmi Anandia, Ribut Wahidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.