Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Dasar Permainan Bola Basket

  • Handayani Nila Praja Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PSI dan Inkuiri terhadap keterampilan sosial dan keterampilan dasar permainan bola basket pada siswa kelas VIII. Metode  penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan permasalah tersebut melalui metode eksperimen dengan desain rendomize pretes-posttest group design. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa dari kelas A dan C yang diambil secara two stage randome sampling pada  seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Lemahabang Kab.Cirebon. Pengundian acak dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama dengan cluster random sampling untuk menentukan kelompok kelas dari enam kelas yang akan diundi dan pengundian yang kedua dengan pemilihan secara individu dari kelas yang telah terpilih yaitu A dan C. Penelitian dilakukan 3 kali pertemuan setiap minggunya selama 4 minggu, sebanyak 12 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan sosial adalah SSRS (social skill ratingsystem) dan tes keterampilan dasar permainan seperti (dribbling, pasingg, dan shooting) untuk keterampilan bola basket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 16 melalui uji hipotesis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Terdapat perbedaan keterampilan sosial antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dan model pembelajaran Inkuiri. 2) Terdapat perbedaan keterampilan dasar permainan bola basket antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dengan model pembelajaran Inkuiri. 3) Terdapat perbedaan keterampilan sosial dan keterampilan dasar permainan bola basket antara model pembelajaran Personalyzed System Instruction dengan model pembelajaran Inkuiri.

Keywords: Model, pembelajaran, Psi, Inkuiri, sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cartledge, G., Milburn J,F. (1992). Teaching Social skill to Children. New York: Perganon

Eldeleklioğlu, 2008. Gender, Romantic Relationships, Internet Use, Perceived Social Support and Social skills as the Predictors of Loneliness. Eurasian Journal of Educational Research. 33, 127 -127

Erikson, Ingegerd Effects of Increased Physical Activity and Motor Training on Motor Skills, Attention and Learning An intervention study in school years 1–3 in Sweden.

Hergenhahn. B.R, dan Olson, Matthew H. (2010). Theories of Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Howie, L. D., Lukacs S. L., Pastor P. N., Reuben, C. A., Mendola, P. 2009. Participation in Activities Outside of School Hours in Relation to Problem Behavior and Social skills in Middle Childhood. Journal of School Health. 80, (3), 120-125.

Julianto, I. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lay-Up Shoot Menggunakan Lingkaran Tali Dan Paralon Berpalang. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 77-86. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/34

Juliantine, Tite. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidkan Jasmani Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Doktor pada Program Studi Pendidikan Olahraga UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Lutan (2005:111). Belajar Motorik. Universitas Pendidikan Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional.

Lutan, R.dkk. (2001). Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi pembinaan siswa disepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Olahraga, Depdiknas.

Nurlaleli, Yanti. (2012). Efektivitas Teman Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Tesis Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Metzler, Michael W. (2000). Instructional Model For Physical Education. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Olohah & Aderinto(2010). Personalized system of Instruction, Mastery Learning Strategy performance in
Mathematics, Teaching and Learnng in SeniorSecondary Schools. Ilorin Journal of Education, Vol. 29

Richard A (2000:76). Motor Learning and Performance (second edition). USA: Human Kinetic

Rink, Judith E. (1993). Teaching Physical Education For Learning (second edition). USA: Mosby-Year Book.

Rink, Judith E dan Hall, Tina J. (2008). Research on Effective Teaching in Elementary School Physical Education.
USA : Vol 108, Issue 3, 2008, 207-218.

Santrock, John W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siedentop, Daryl. (1991). Developing Teaching Skills in Physical Education. USA: Mayfield Publishing Company

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta

Suherman, Adang (2010). Refitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani Bandung : Bintang Warli Artik.
Published
2017-06-28
How to Cite
Praja, H. N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Dasar Permainan Bola Basket. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 128-142. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.52
Abstract viewed = 773 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times