Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Konvensional Terhadap Pembentukan Self-Esteem

  • Muhammad Nurzaman Universitas Galuh Ciamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek dari Model Pembelajaran Terhadap Pembentukan self-esteem siswa dalam Pembinaan Pencak Silat. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain Pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMAN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, Sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 siswa. Peneliti membagi masing-masing menjadi dua kelompok, yaitu yang diajar melalui model pembelanjaran konvensional sebanyak 20 siswa dan inkuiri 20 siswa.  Waktu penelitian berlangsung dalam 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen yang digunakan  adalah  program pembelajaran dan angket pembentukan self-esteem (memakai angket rujukan coopersmith). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat antara siswa yang mengikuti perlakuan melalui model pembelajaran inkuiri dan siswa yang mengikuti perlakuan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional. (3) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional.

Keywords: Model, Pembelajaran, Inkuiri, Konvensional, Self-Esteem

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham Maslow. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Ann Kaplan: Maurice Basset.

Anwar, Qomari dan Syaiful Sagala. 2004. Profesi Jabatan: Kependidikan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Bandura, A. (1997). Social foundation of tought and action: A social cognitive theory. New Jersey: Prentice-Hall,Inc.

Bass, B.M., 1960, Leadership, Psychology and Organizational Behavior, Harper and Brothers, New York

Blascovich, J. & Tomaka, J. (1991). Measures of self-esteem. In J. P. Robinson, P. R. Shaver, & L. S. Wrightsman (Eds.), Measures of Personality and Social Psychological Attitudes (pp. 115-160). San Diego, CA: Academic Press.

Coopersmith, S. 1967. The Antecedents of Self Esteem. San fransisco : W.H. Freeman.Company.

Coopersmith. 1990. The Antecendents of Self Esteem. USA. W.H Freeman and Company.

Dr. Mulyana, M.Pd. (2013). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri Dan Karakter Bangsa. Rosda.

Haury, L. David. (1993). Teaching Science Through Inquiry. Columbus, OH: ERIC Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environment Education.

George F. De Groot dan. Drs. Notosoejitno 2006, Pencak Silat Seni Bela diri Indonesia.

Lutan Rusli. (2002). Menuju Sehat Bugar. Jakarta: Depdiknas, Dirjendidasmen.

Lutan Rusli. (2002). Supervisi Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas, Dirjendidasmen.

Lutan, Rusli. (2003). Self Esteem: Landasan Kepribadian. Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan Dirjen Olahraga Depdiknas.

Lutan Rusli. (2003). Self Esteem Yang Sehat: Teknik Pengembangan. Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan Dirjen Olahraga Depdiknas.

Saleh, Moch (1991). Pencak Silat I (sejarah perkembangan, empat aspek pembentukan sikap dan gerak). Bandung FPOK IKIP.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Siedentop, D. (1991). Developing teaching skill in physical education. Edisi ketiga. Palo Alto, CA: Mayfield.

Stipek D, Recchia S, McClintic S. Self-evaluation in young children Monographs of the Society for Research in Child Development 1992.
Published
2017-06-29
How to Cite
Nurzaman, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Konvensional Terhadap Pembentukan Self-Esteem. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 151-161. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.42
Abstract viewed = 1070 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times