Hubungan Authentic Assessment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani
Studi Korelasional Tentang Evaluasi Belajar Penjas Di SMKN 1 Kertajati
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan authentic assessment dengan motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 siswa dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara authentic assessment dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Besarnya hubungan adalah 0.67 atau 44.89%, artinya hubungan tersebut merupakan hubungan yang saling mempengaruhi, karena hasil pengujian linieritas regresi menunjukkan hasil yang linier.
Downloads
References
Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Carsiwan. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
Gunarsa, Singgih D. dkk. (1989). Psikologi Olah Raga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Lutan, Rusli, dkk. (2001). Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan Siswa di Sepanjang Hayat. Jakarta: Ditjen Olahraga, Depdiknas.
Sagala, syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga: Bina Aksara.
Suherman, Adang. (2000). Asesmen Belajar Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: DIKLUSEPORA.
Susetyo, Budi. (2014). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Copyright (c) 2017 Anang Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.