Penerapan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Push Backhand Tenis Meja

  • Budi Indrawan Universitas Siliwangi
  • Ucu Muhammad Afif Universitas Siliwangi
  • Melya Nur Herliana Universitas Siliwangi

Abstract

Teknik dasar push backhand masih sangat kurang penguasaannya, nilai rata-rata mahasiswa adalah C, sehingga masih belum dikatakan tuntas belajar. Tujuan penelitian secara umum untuk mengetahui penerapan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan push backhand sedangkan secara khusus bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan push backhand. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Penjas kelas D tahun ajaran 2017/2018 yang mengontrak mata kuliah Tenis Meja sebanyak 40 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan dalam siklus I bahwa yang memiliki nilai A dan B yaitu hanya 16 orang, dengan persentase 40%. Pada siklus II mahasiswa yang sudah mencapai nilai A dan B yaitu sebanyak 30 orang, dengan persentasenya adalah 75%. Sehingga hal itu menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar sudah lebih dari 70%. Dalam pembelajaran keterampilan Push Backhand Tenis Meja diharapkan menerapkan media audio visual.

Keywords: learning outcomes, audio, visual, media, push backhand

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sani, Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru Edisi Revisi. Tangerang: Tira Smart.

Anggraini, Atika dkk. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja Penjas Untan 2016.

Erna, Yuniati, Mardiyani. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Media
Dinding Pada Siswa Kelas V Semester Ii Sd Negeri 1 Kradenan Kec. Kradenan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PINUS Vol. 2 No. 2 Mei 2017 ISSN. 2442-9163. Kediri

Fitra, Arga dan Andrijanto, Dony. 2013. Pengaruh Media Audiovisual Pembelajaran Servis Forehand Dan Backhand Terhadap Hasil Belajar Servis Pada Permainan Tenis Meja (Studi Pada Siswa Kelas X-1 dan X-5 SMA Negeri 3 Pamekasan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 01 Nomor 03. Surabaya.

Ilham, Zulpikar. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Forehand Drive Permainan Tenis Meja Mahasiswa Prodi PJKR Semester Ganjil FIK-Unimed. Physical Education, Health and Recreation; Vol. 2, No. 1. Medan.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Undang-Undang RI No. 12 tahun 2012. Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia: Jakarta.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia: Jakarta.

Universitas Siliwangi. 2012. Pedoman Akademik Tahun 2012/2013. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Published
2019-01-07
How to Cite
Indrawan, B., Afif, U. M., & Herliana, M. N. (2019). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Push Backhand Tenis Meja. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(1), 43-53. https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.389
Abstract viewed = 287 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times